Rancangan Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling Bidang Pengembangan Pribadi Berbasis Self Esteem Pada Peserta Didik Broken Home Studi Di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu

Bastari Dara Mega, Rahma Wira Nita, Suryadi Suryadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan self esteem yang ada pada peserta didik broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self esteem  rendah pada peserta didik yang memiliki keluarga broken home. Setelah itu, dilakukan perancangan program layanan dasar bimbingan dan konseling bidang pengembangan pribadi berdasarkan analisis data hasil penelitian yang berbasis self esteem pada peserta didik broken home. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reserch and development) populasi penelitian ini adalah peserta didik yang berlatar belakang broken home dengan jumlah 30 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang mana sampel diambil sama dengan populasi.  Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan diungkapkan bahwa self esteem yang dimiliki peserta didik yang memiliki keluarga broken home di SMP Negeri 1 Rokan IV Koto secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 67%. Namun, terdapat tiga indikator dalam kategori rendah dan sangat rendah, yaitu indikator hidup secara sadar sesuai suara hati, belajar dari kesalahan dan spiritual


Keywords


Layanan Dasar, Pengembangan Pribadi, Self Esteem, Broken Home

References


Barida, Muya, and Dian Ari Widyastuti. 2020. “Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok.” Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (November):851–58.

Hanafi. 2017. “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Kajian Keislaman 4(2):129–50.

Hanifah, Azmi, and Maria Theresia Sri Hartati. 2017. “Mengatasi Masalah Low Self Esteem Siswa Melalui Konseling Individu Model Person Centered Theraphy.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 5(3):42–47.

Nita, Rahma Wira. 2021. “Rancangan Program Pelayanan Konseling Pada Masa Pandemi Berbasis Model Pendekatan Konseling Self.” Wahana … 235–45.

Pratama, Randi, and Syahniar &yeni Karneli. 2016. “Perilaku Agresif Siswa Dari Keluarga Broken Home.” 5.

Putra, Fuaddilah & Mulyani, Rilla Rahma. 2017. Pembentukan Karakter Peserta Didik dari Perspektif Pemenuhan Kebutuhan Bimbingan dan Konseling. IAIN Batusangkar.

Pratama, Randi. Syahniar & yeni Karneli. 2016. Perilaku Agresif Siswa dari Keluarga Broken Home.Vol.2

Rosidah, Ainur. 2017. “Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver.” Jurnal Fokus Konseling

Uruk, Febriady Huta, and Niko Reski. 2022. “Hubungan Self-Esteem Dengan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Siswa Orangtua Bercerai.” Jurnal Pendidik Indonesia 05(02):1–8.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.