Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Negeri 164519 Kota Tebing Tinggi

Andriani Hasibuan, Emilda Sulasmi, Muhammad Isman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mengetahui peran kepala sekolah sebagai motivator pemimpin sekolah SDN 164519 Kota Tebing Tinggi, 2) mengetahui kinerja guru di SDN 164519, 3) mengetahui peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 164519 Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskripsi. Adapun hasil penelitian menunjukkan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDN 164519 dalam mengevaluasi guru secara kelompok kepala sekolah mengadakan forum silaturahmi para guru secara bergiliran setiap tiga bulan untuk melakukan koordinasi dan pemecahan masalah yang ada. Peran kepala sekolah sebagai motivator memimpin sekolah SDN 164519 adalah melakukan pengaturan lingkungan fisik yang menyenangkan seperti saling sering bercerita dan berbagi. Selain itu kepala sekolah menciptakan hubungan kerja yang harmoni dengan para tenaga pendidik agar berjalan dengan baik. Sikap Displin memberikan dorongan itu juga bentuk motivasi yang diberikan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. Memberikan penghargaan merupakaan bentuk Kepemimpinan kepala sekolah yang dikaitkan dengan prestasi guru. Kepala Sekolah SD Negeri 164519 memimpin dengan penuh tanggung jawab, demokratis, memberikan pelayanan, ramah dan profesional. Selain itu Peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 164519 yaitu memberi penghargaan, bimbingan dan pemahaman serta pelayanan terhadap guru dalam meningkatkan kinerjanya.

Keywords


Leadership, Motivator, Teacher Performance

References


Ace Suryadi ( 2001). Mutu Profesi Guru. Kompas, hal 9 kol 1-5 ... Pofesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung:Pustaka Setia.

Amini, Desliana Pane, Akrim. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai .Volume 5 (3).

Bersita Ginting. (2021). Hubungan Budaya Organisasi Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru di Kota Binjai. Tesis. UNIMED

Danim,. Sudarwan. (2018). Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok . PTRineka Cipta: Jakarta.

E. Mulyasa, (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Endang Mulyatiningsih, (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hamalik Omar. (2018). Pendekatan Baru Strategi Belajra mengajar Berdasarkan. CBSA.Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Hidayati, Elfrianto, Salim Aktar. 2022. Manajemen Strategik Kepala Sekolah Dengan Menerapkan Media Pembelajaran Serbaneka Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Smp Muhammadiyah 25 Rantau Prapat. Jurnal ilmu Pendidikan dan ilmu Sosial vol 9 (2)

I Gusti Ngurah Santik. (2018). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendr vol 1 (1)

Indra Prasetia,Amini, Mega Pati Aritonang. (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Smp Negeri 13 Binjai.Jurnal guru Kita vol 6 (1)

Kasmir. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Praktik. Rajawali pers

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72.

Marshall dan Molly. (2018). Prinsip-Prinsip Kepemimpinan. Erlangga. Jakarta

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2018). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Nirva Diana, (2018). Pengantar Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta:Idea Press Yogyakarta,

Ngalim Purwanto. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nusa Putra & Hendarman, (2018). Mixed Method Research Metode Riset Campur Sari Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks

Pi, Tomagola. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Jorong Kabupaten Tanah Laut. Tesis

Romaida Nababan, Elfrianto Nasution, Irvan Irvan. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMP Negeri Se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] 3 (4)

Sari, Frank Endang, Prasetia, Indra; Elfrianto. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Di Sma Negeri 2 Pematangsiantar). Jurnal pendidikan rokania, [S.l.], v. 6, n. 3

Saroni, Muhammad. (2018). Manajemen Sekolah: Kiat Menjadi Pendidik yang. Kompeten.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Suparliadi. (2021). Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Journal of Administration and Educational Management vol 4 (2)

Sri, dewi. (2019) Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru Di Min 9 Bandar Lampung. Manajemen pendidikan islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Thoha, Miftah. (2018). Pembinaan Organisasi, proses dianosa dan intervensi,. Manajemen Kepemimpinan. Yogyakarta: Gava Media.

Tiodora Silalahi. (2022). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 7 Tebing Tinggi.Jurnal manajemen pendidikan dasar, menengah, dan tinggi vol 3 (4).

Wahjosumidjo. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet.I

Wahyudi, Joko. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi.Pembelajar(Learning Organization). Bandung: Alfabeta

Wibowo. (2018). Manajemen Kinerja. Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada

Yukl, Gary. (2018). Leadership in Organizations (7th edition). Jakarta: PT. Indeks




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.