Penerapan Model Project Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Seminar Pendidikan Matematika

Indra Prasetia, Rahmad Muslihuddin

Abstract


Tujuan mata kuliah Seminar Pendidikan Matematika adalah  meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMSU dalam memecahkan masalah, berpikir kritis dan ilmiah.  Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat membahas satu topik pembelajaran matematika secara mandiri, sebagai pengembangan dan pendalaman materi perkuliahan dan menuliskannya dalam bentuk makalah atau mini riset yang diseminarkan. Namun kenyataannya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ini masih jauh dari yang diharapkan. Hal ini disebabkan motivasi, kemampuan pemecahan masalah, kreatifitas dan keterampilan komunikasi mahasiswa masih rendah.  Produk (makalah ilmiah dan mini riset) yang dihasilkan mahasiswa masih banyak yang plagiatisme. Tindakan plagiatisme tersebut tentunya sangat merugikan baik individu mahasiswa maupun kelembagaan dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah dan penelitian. Oleh sebab itu perlu dilakukan perbaikan cara belajar dan mengajar pada mata kuliah ini. Cara yang tepat adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi, kemampuan pemecahan masalah, kreatifitas, keterampilan komunikasi dan tingkat kelulusan pada mata kuliah seminar pendidikan matematika di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMSU. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan pada semester VI T.A 2014/2015. Prosedur penelitian ini menggunakan siklus, yakni (1) perencanaan terhadap tindakan yang akan dilakukan, (2) melaksanakan tindakan yang telah direncanakan, (3) pengamatan terhadap proses tindakan , dan (4) refleksi terhadap hasil tindakan.

Keywords


Project based learning, Hasil Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Daly, AJ dan Chrispeel, A. (2005). From Problem to Possibility : Leadership for Implementing and Deepening the Processes of Effective Schools. Journal Effective Schools. Vol 4 No.1 Idaho State University. ICEE.

Fielder, B dan Chemers (2005). Strategic Management for School Development Leading Your School’s Improvement Strategy. London : A Sage Publications Compa.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donnelly, J.H., dan Konopaske, R. (2009). Organizations : behavior, Structure, Processes. 11th Edition. New York : McGraw-Hill Irwin.

Harris, D.E et.al (1979). Theory and Research in Administration. New York : Macmillan.

Ivancevich, Matteson, Konopaske (2005) Perilaku Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Lazotte, L.W. (2011) Effective Schools : Past, Present, and Future. Journal for Effective Schools. Vol 10 No.1. Idaho State University. ICEE.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v1i01.17839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.