PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 GUNUNG MERIAH ACEH SINGKIL

Tarjudin Tarjudin, Elfrianto Elfrianto, Faisal Rahman Dongoran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil; (2) Pengaruh  iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil; (3) Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil; dan (4) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil secara simultan. Sampel pada penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil yang berjumlah 40 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Data dalam penelitian ini adalah data primer. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Metode analisa data yang digunakan adalah model Regresi Linear Berganda. Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan Uji t dan secara simultan digunakan Uji F. Hasil dari pengujian yang dilakukan dengan program SPSS versi 21 diperoleh persamaan regresi berganda: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil: Ŷ = 112.517+ 2.134X1; (2) Pengaruh  iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil : Ŷ = 112.517+ .254X2; (3) Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil : Ŷ = 112.517+ .182X3; dan (4) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Gunung Meriah Aceh Singkil : Ŷ = 112.517+ 2.134X1 + .254X2 + .182 X3. Berdasarkan data nilai koefisien regresi kepemimpinan kepala sekolah sebesar 2.134, iklim sekolah sebesar 0.254 dan motivasi kerja guru sebesar 0.182 artinya terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru; semakin tinggi kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja guru maka akan semakin tinggi pula kinerja guru

Keywords


Influence of Principal Leadership, School Climate, Teacher Work Motivation, Teacher Performance

References


Ahmad, Subagyo 2010. Marketing In Business. edisi pertama, cetakan pertama.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Amini, Khairunnisa Damanik, Syaiful Bahri, 2021, “Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5 (3). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=IJUY8nMAAAAJ&citation_for_view=IJUY8nMAAAAJ:J_g5lzvAfSwC. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M, 2018, The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance”. International Journal of Scientific & Technology Research, 7 (7).

Anggraeni, Widi dan Yuniarsih, Tjutju, 2017. Dampak Tata Ruang Kantor Terhadap Efektivitas Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Anis Syamsu Rizal. 2019, Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Guru SMP. Jurnal Ulul Al – bab Vol 23 (1. file:///C:/Users/hp/Downloads/658-1527-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 1 Maret 2023.

Anoraga, P, 2014, Psikologi Kerja. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Antoni, Azwar. 2015. Pengaruh Iklim Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bukitkemuning Kecamatan Bukitkemuning Kabupaten Lampung Utara. PPs IAIN Raden Intan, Lampung.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Colquitt, Jason, A, et al. 2018, Organizational Behavior : Improving Performance And Commitment In The Workplace, Sixth Edition, McGraw-Hill Education, Dubuque, New York.

Depitra, Panji S, 2018. Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Negara Indonesia KCU Bandung, UKI, Bandung.

Dewi Andayani, Elfrianto, Akrim, 2022, Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif, Disiplin Kerja, Motivasi, terhadap Kompetensi Profesional Guru di SMP Swasta Budi Utomo Binjai. Journal of Administration and Educational Management Vol 5 (1). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=83Pc2QMAAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=83Pc2QMAAAAJ:KxtntwgDAa4C. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Endang Sari, Frank. Indra Prasetia, Elfrianto, 2021, “Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi)”. Jurnal Pendidikan Rokania Vol 6 (3) http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16756. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Frank Endang Sari, Indra Prasetia, Elfrianto. 2021. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru ( Studi Di Sma Negeri 2 Pematang Siantar). Jurnal manajemen pendidikan dasar dan menengah

Ghozali, Imam, 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunawan, I, 2015, “Values and Ethics in Educational Leadership: An Idea of Character Building of Students. Conference Proceedings Character Education in Indonesia Concepts and Applications in Primary Schools”, IKIP PGRI Madiun, 9 Juni, 1-13.

Handoko, Hani, T. 2014, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu, S.P, 2015, Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.

Irvan, Romaida Nababan, Elfrianto Nasution, 2022. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di SMP Negeri Se Kecamatan Siempat Nempu Hulu Kabupaten Dairi. Jurnal manajemen pendidikan dasar dan menengah Vol 3 (4)

Ismail. 2010. Manajemen Perbankan. Jakarta : Prendamedia Group.

Kuncoro, Mudrajad, 2013, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomim, Edisi 4. Erlangga, Jakarta.

Maita, Amini, Indra Prasetia, 2023, “Pengaruh Pemberdayaan dan Iklim Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan Nibung Hangus”. Jurnal Pendidikan Tambusa. Vol 7 (1). file:///C:/Users/hp/Downloads/5391-Article%20Text-10188-1-10-20230209.pdf

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Muhammad Adi Fadilah dkk, 2023. “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan KomitmenOrganisasi Sebagai Variabel Intervening PadaPt. Enseval Putera Megatrading, Tbk Cabang Jambi”.Jurnal Dinamika Manajemen Vol 11 (1)

Muhammad Hasim, Amiruddin, Nuridayanti, 2020, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Pangkajene Kepulauan”. Jurnal Media Elektrik, Vol. 17, No. 2. file:///C:/Users/hp/Downloads/14039-34511-2-PB.pdf. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Mulyasa. E, 2013, Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

-----------, 2013, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung,

Peraturan bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara, Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/PB/2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah,

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Menengah.

Pramono, Suwito Eko, 2014, Kinerja Guru Sejarah : Studi Kausal pada Guru-Guru Sejarah SMA di Kota Semarang, Jurnal Paramita, Vol. 24 No. 1 – Januari 2014. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/2868. Diakses pada tanggal 4 Maret 2023.

Prasetia, Indra, 2023, Administrasi Pendidikan : Teori, Riset dan Praktik, UMSU Press, Medan.

Pulungan, Lilik Hidayat, 2020, Pengaruh Peran Kepemimpinan Visioner, Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi Dan Kinerja Dosen Terhadap Mutu Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Medan. Doctoral Thesis, UNIMED. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Rivai, Veithzal & Murni, Sylviana. 2014. Education Management, Analysis Theory and Practice, Rajawali Press, Jakarta.

Rivayanti, 2020, Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Vol 1 (1). https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/25/21. Diakses pada tanggal 2 Maret 2023

Rita Eliyawati Br Sinaga, Indra Prasetia, Emilda Sulasmi. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Budaya Akademik Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Rokania vol 7 (1)

Safrika, Shela, 2018, Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung, Akademi Sekretari dan Manajemen BSI, Jakarta.

Sagala, Syaiful. 2018. Pendekatan & Model Kepemimpinan. Prenadamedia Group, Jakarta.

Salim Aktar, Ivony Agnes Br Sembiring, Sri Nurabdiah Pratiwi. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Kepuasan Kerja terhadap Efektivitas Kerja Guru di SD Negeri SeKecamatan Binjai Selatan. Jurnal pendidikan tambusai Vol 5 (1)

Sedarmayanti, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Refika Aditama, Bandung.

Setiawan, Rudi, dkk., 2019, “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru (Di Sdi Salafiyah Gondanglegi Malang)”. Jurnal Riset Manajemen, Prodi Manajemen file:///C:/Users/hp/Downloads/3980-10805-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Sondang P. Siagian. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara. Sutrisno, Edy, 2013, Budaya Organisasi, Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sri Setiyati, 2014, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru”, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Volume 22, Nomor 2,. file:///C:/Users/hp/Downloads/8931-22199-1-SM.pdf. diakses pada tanggal 3 Maret 2023.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Alfabeta, Bandung.

-----------, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suharsaputra, U, 2016, Kepemimpinan Inovasi Pendidikan: Mengembangkan Spirit Enterpreneurship Menuju Learning School. PT. Refika Aditama, Bandung.

Supardi, 2014, Kinerja Guru, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Surya, Mohamad, 2014, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf. Diakses pada tanggal 1 Maret 2023.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahjosumidjo, 2013, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Cetakan Ke-9, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wibowo, 2017, Manajemen Kinerja, Edisi Keempat, Rajawali Pers, Jakarta.

Yamin, M, 2016, Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran, Referensi (GP Press Group), Jakarta.

Zahara, Siti, 2019, Hubungan Konsep Diri dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Tebing Tinggi, UINSU, Medan.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.