KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN KINERJA GURU DI SD NEGERI 2 GUNUNG LAGAN ACEH SINGKIL

Sadri Pohan, Elfrianto Elfrianto, Amini Amini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kinerja Guru Di SD Negeri 2 Gunung Lagan Aceh Singkil Penelitian di laksanakan di SD Negeri 2 Gunung Lagandengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Peran kepala sekolah dalam memanajemen kinerja guru di SD Negeri 2 Gunung Lagan dengan melakukan pengaturan keadaan sekolah yang berfokus pada lingkungan Selain itu kepala sekolah menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan para tenaga pendidik agar berjalan dengan baik. Perencanaan Kepemimpinan dalam Manajemen Kinerja Guru Di SD Negeri 2 Gunung Lagan Aceh Singkil meliputi sikap kreativitas kedua Memberikan Ide, adanya motivasi semangat terkakhir siswa yang baik adalah kegiatan dimana kepala sekolah menjad penengah disaat ada permasalahan antara guru dengan guru maun dengan warga sekolah lainnya.  Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kinerja Guru Di SD Negeri 2 Gunung Lagan Aceh Singkil menerapkan sikap demokratis, komunikasi yang baik, bekerja sesuai dengan tupoksi, pertemuan aktif, mengamati kelas membimbing guru untuk memecahkan masalah dengan bijak dan menyelenggarakan pertemuan dengan aktif. Evaluasi kepemimpinan kepala sekolah dalam memanajemen kinerja guru dengan menyusun perencanaan peningkatan mutu guru mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah yang telah direncanakan. Evaluasi melibatkan seluruh civitas akademika sekolah termasuk melibatkan guru-guru dalam menentukan program atau rencana ke depan. Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah juga sudah berdasarkan analisis kebutuhan (need assessment), dan analisis jabatan pekerjaan (job analysis).


Keywords


leadership, principal, teacher performance

References


Abdullah Munir. 2010. Menjadi kepala sekolah efektif. Yogyakarta: ar-ruzz media

Anoraga. Pandji. 2017. Psikologi Kepemimpinan. Jakarta:RinekaCipta.

Amini, Khairunnisa Damanik, Syaiful Bahri. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar. Journal pendidikan tambusai Volume 5 Nomor 3

Amini, Desliana Pane, Akrim. 2021. Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal pendidikan tambusai Volume 5 Nomor 3

Amini. 2023. Implementation of Religious Moderation Management Based on Al-Islam and Muhammadiyahan (AIK) at FKIP Muhammadiyah University, North Sumatra. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society No 2 (2)

Anwar, Moch.Idochi. 2018. Adminstrasi Pendidikandan Manajemen Biaya Pendidikan: Teori Konsepdan Isu, Bandung: Alfabet

Bradley Setiyadi1, Viona Rosalina. 2021. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. jurnal vol 2 no 1

Brahmasari.IdaAyudanAgusSuprayetno. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja.Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia), Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Universitas Surabaya.Vol.10. No.2.

Buana Chandro Sihotang, Elfrianto, Salim Aktar. 2022. pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smpn 24 Medan. Jurnal guru Kita vol 6 (4)

Cenzo, David A.De. & Stephen P. Robbin. 2019. Human Resource Manajement,

Eni Agustina Br. Singarimbun, Saiful Bahri, Salim Aktar 2022. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Manajamen Berbasis Sekolah (studi kasus di smp negeri 14 Binjai) Jurnal guru kita 6 (2)

Farida Hannum, Elfrianto. 2022). The Effect of Time Token Learning Model on Students' Interest in Learning Mathematics. Jurnal EduMatika: Jurnal MIPA vol 2 (3)

Frank Endang Sari, Indra Prasetia, Elfrianto. 2021.Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Di Sma Negeri 2 Pematangsiantar.Jurnal Pendidikan Rokania 6 (3)

Hasan, Baharun. 2016. Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkancompetitive Advantagepada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal ilmu tarbiyah “at-tajdid”, vol. 5 no. 2

Imanuel Tarigan, Amini Amini, Faisal Rahman Dongoran. 2023. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Profesionalisme Guru SMK Negeri 1 Pancur Batu. Journal on Education vol 5 (4)

Jaman m’mur Asmuni, (2012). Tips menjadi kepala sekolah Profesional, Yogyakarta: Diva press,

Khaeruddin, et. Al. (2018). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Konsep dan Impelementasinya diMadrasah, Semarang: Madrasah Development Center Jawa Tengah dan Pilar Media

Mathis, R. L., and J. H. Jackson (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Remaja. Rosdakarya. Bandung.

Indra Prasetia, Hotnida Sirait, Amini. 2023. Efektivitas Manajemen Sekolah Dalam Mengimplementasikan Diversifikasi Kurikulum (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Kota Sibolga). Jurnal MPDT, vol 4 (2)

Purwanto. 2017. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Robbins, Stephen., Coulter, Mary., Cenzo, D.D. 2019. Fundamentals of Management. New York: Pearson.

Rosyada, Dede. 2016. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: PT. Kencana.

S Danim. 2019. Pengembangan profesi guru. Prenada Media

Sagala, syaiful. (2014). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Sulistyorini. 2018. Belajar & Pembelajaran. Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia.

Suyani. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Thesis. Iaian Metro

Suyono. 2014. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru: Studi kasus di MTs Negeri Tumpang Kabupaten Malang. Masters’ thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Uno, hamza, B. 2018. Motivasi perilaku organisasi. Jakarta: Kencana

Wahjosumidjo.2011. Kepemimpinan kepalasekolah. Jakarta: PT Raja grafindo persada,




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.