IMPLEMENTASI KEGIATAN PRAKTEK PADA KURSUS MENJAHIT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DESSY KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG

Adela Putri Amalia, Joko Tarto

Abstract


Studi menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 1 ketua lembaga, 1 instruktur, 2 peserta didik, dan 2 pengurus lembaga sebagai informan. Tiga metode pengumpulan data digunakan: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Tringulasi sumber dipakai untuk keabsahan data. Dalam studi ini metode analisis data dengan tahap pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan studi ini memperlihatkan bahwa implementasi kegiatan praktek pada kursus menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dessy ada 3 tahap yaitu Berdasarkan hasil penelitian di LKP Dessy bahwa, perencanaan pada LKP Dessy dimulai dengan menentukan rencana tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa, Pelaksanaan kursus menjahit akan lebih lancar jika cara pengajaran yang dipilih dapat menumbuhkan lingkungan  belajar yang menggembirakan maka meningkatkan perilaku aktif, kreatif juga bersemangat belajar siswa. Berdasarkan teori diatas selaras dengan hasil wawancara yang peneliti lakukan bahwa dalam LKP Dessy terdapat evaluasi proses dan evaluasi hasil, Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu kerusakan mesin dan tingkat kerajinan peserta didik yang kurang optimal. Simpulan dari penelitian yaitu implementasi kegiatan praktek pada kursus menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dessy dimulai dari aktivitas pelekasanaa, kemudian dengan pelaksanaan, dan dilakukan dengan evaluasi. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) bagi mereka yang merencanakan kelas menjahit untuk rutin memeriksa alat yang akan digunakan dalam kursus menjahit supaya dapat digunakan ketika proses pelatihan 2) lebih fokus pada saat proses pembelajaran. 3) Bagi peneliti yang akan meneliti dengan tema sama, diharapkan bisa melengkapi aspek-aspek lainnya yang belum diteliti

Keywords


Implementation of practical activities, sewing courses

References


Hikmah, D., Petoukhoff, G., & Papaioannou, J. (2022). The Utilization of the Animiz Application as a Media for Arabic Language Learning on Students. JILTECH: Journal International of Lingua & Technology, 1(2).

Domínguez, A., Saenz-de-Navarrete, J., De-Marcos, L., Fernández-Sanz, L., Pagés, C., & Martínez-Herráiz, J. J. (2013). Gamifying learning experiences: Practical implications and outcomes. Computers & education, 63, 380-392.

Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. Journal of effective teaching, 15(1), 20-33.

Shailong, C. N. (2017). Development of Self-Instructional Manual in Teaching Tailoring Techniques for Home Economics Students in Universities of North Central, Nigeria (Doctoral dissertation).

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Astorini, I. D., & RC, A. R. (2017). Penyelenggaraan Program Kursus Musik (Studi Pada Lembaga Lily’s Music School Semarang). Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 4(2), 80-100.

Amirudin, M. F. (2019). Hubungan pendidikan dan daya saing bangsa. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35-48.

Cahyaningtyas, A. W., & Sutarto, J. (2021). Implementasi Muatan Lokal pada Pembelajaran Program Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 170-178.

Badaruddin, B., Kariono, K., Ermansyah, E., & Sudarwati, L. (2021). Village community empowerment through village owned enterprise based on social capital in North Sumatera. Asia Pacific Journal of Social Work and Development, 31(3), 163-175.

Sutarto, A. H. J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1).

Fajar, C. M., & Mulyanti, D. (2019). Meningkatkan taraf perekonomian dan kesejahteraan melalui perencanaan investasi pendidikan. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 89-95.

Kulsum, S. (2018). Use Of Demonstration Methods In Achievements Learning Outcomes In Sewing Fashion Training. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 132-141.

Mahmoudi, S., Jafari, E., Nasrabadi, H. A., & Liaghatdar, M. J. (2012). Holistic education: An approach for 21 centuries. International Education Studies, 5(2), 178-186

Biggs, J. (2012). What the student does: Teaching for enhanced learning. Higher education research & development, 31(1), 39-55.

Al Alhareth, Y., & Al Dighrir, I. (2014). The assessment process of pupils’ learning in Saudi education system: A literature review. American Journal of Educational Research, 2(10), 883-891.

Wahyuni, S., & Sutarto, J. (2018). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus dan Pelatihan Gassebo Kabupaten Kendal. 23–44. http://jonedu.org/index.php/joe

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.