MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEAHLIAN LULUSAN (STUDI DI SMK NEGERI 1 SINGKIL UTARA)

Dasril Koto, Sri Nurabdiah Pratiwi, Sri Nurabdiah Pratiwi, Amini Amini, Amini Amini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Singkil Utara. Jenis penelitian kualitatif serta subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, serta dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan penyajian data, reduksi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Perencanaan pada  manjemen sekolah untuk mengembangkan kompetensi keahlian lulusan di SMK Negeri 1 Singkil Utara bisa meiputi koordinasi tim, sosialisasi, pembekalan siswa, pemetaan DU/DI disesuaikan dengan kompetensi keahlian lulusan. Dunia usaha dan dunia industri tentunya memiliki pengaruh besar dalam pelaksanaan kegiatan Prakerin. Oleh karena itu, SMK Negeri 1 Singkil Utara juga menentukan syarat atau kriteria kompetensi keahlian lulusan yang dapat dimasukkan dalam daftar inventaris. Syarat utama atau kriteria utama DU/DI adalah harus sesuai dengan kompetensi siswa. Pelaksanaan Prakerin berjalan secara bertahap, jelas urutannya, sesuai dengan program kerja yang disusun sebelumnya. Kegiatan Prakerin terdiri dari pencarian tempat praktik, pengajuan surat permohonan, penyerahan, pelaksanaan siswa Prakerin di industri, monitoring, penarikan, serta laporan kegiatan Prakerin. Kegiatan evaluasi Prakerin dilakukan dengan rapat yang melibatan oleh tim Prakerin yang terdiri dari kepala sekolah, semua wakil kepala sekolah, ketua jurusan, guru pembimbing. Tiap jurusan kemudian melaporkan hasil pelaksanaan Prakerin para siswanya. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa evaluasi dalam Prakerin perlu dilaksanakan untuk perbaikan pada pelaksanaan Prakerin selanjutnya

Keywords


School Management, Graduate Skill Competencies

References


Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhan. (2019). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.