MENERAPKAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE` WEBBED PADA SDN BEKASI JAYA 1

Tahwillah Qodrotullailah, Nabila Nabila, Nabillah Sarah Salsabiila

Abstract


Pembelajaran terpadu model Webbed merupakan pembelajaran berdasarkan tema serta memiliki keuntungan karena siaswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran terpadu di sekolah dasar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, memotivasi siswa untuk belajar dalam pembelajaran terpadu tipe webbed, dan memberikan sebuah pemahaman dari beberapa materi yang menghasilkan sebuah wajah baru yang disebut tema. Istilah tema yang di kembangkan saat ini terutama dalam pendekatan kurikulum 2013 yang merupakan perpaduan dari beberapa mata pelajaran. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini ialah Guru utama atau Guru kelas menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa pembelajaran terpadu model webbed dalam memotovasi siswa di SDN Bekasi Jaya 1 yang di laksanakan guru cukup baik.

Keywords


Pembelajaran terpadu, Guru, Siswa

References


Kohl Herbert. ( 1976 ), On Teaching, London : University Press Cambrdige Komariah, Aan dan Djam’an

Satori. ( 2011 ). Metedologi penelitian kualitatif. Bandung : Alfabeta

Kurt, Collin Christin. ( 2002 ), Qulitative Methods in Social Research. New York : Graw Hill

Trianto. ( 2011 ), Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Irham, Muhammad, dan Yoan Ardy Wiyani, ( 2013 ), Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Arr-Ruz Media

Sasmita, E., Fitria, Y., & Erita, Y. (2023). Penggunaan Model Webbed Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4737-4751.

Permana, H., & Sudrajat, A. (2022). "Model Pembelajaran Terpadu Webbed dan Implementasinya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa". Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 123-135.

Damayanti, P. S., Pujiarti, T., & Srirahmawati, I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 2(3), 39-47




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.