UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF GOOGLE SITES

Lasma Ivana Maria Hutasoit, Zainal Azis, Hotmaida Sitorus

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi polinomial kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 3 Medan dengan menggunakan media interaktif Google Sites. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi Peserta didik dan Lembar Tes Pengetahuan tentang materi Polinomial. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan menghitung persentase hasil belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan presentasi ketuntasan meningkat dari 66,7% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II menggunakan media interaktif Google Sites pada materi polinomial kelas XI MIA 5 di SMA Negeri 3 Medan

Keywords


Learning outcomes, Polynomial, Google Sites

References


A. Anggraini Harianto et al., “Penerapan Multimedia Interaktif Google Sites pada Pembuatan Macam-Macam Pola Lengan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tata Busana SMKN 1 Bagor,” J. Educ., vol. 06, no. 03, pp. 16823–16832, 2024.

M. A. Tambunan and P. Siagian, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website (Google Sites) pada materi fungsi di SMA Negeri 15 Medan,” Humantech J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 1, no. 10, pp. 1520–1533, 2022.

N. Fitrianingsih and C. Purwaningsih, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui PBL-CRT Berbantuan Google Sites,” no. November 2023, pp. 1389–1400, 2024.

M. N. Ardiantari, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Samarinda,” Sist. J. Pendidik., vol. 03, no. 01, pp. 34–45, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/997%0Ahttps://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/download/997/524

I. W. B. Rasdana, M. Rizal, and W. Astuti, “Penerapan Media Video Animasi Dan Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial Kelas Xi Mipa 2 Sma Negeri 1 Palu,” Inspiramatika, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2023, doi: 10.52166/inspiramatika.v9i1.4259.

Feri ardiansah and R. Romadon, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Di Sekolah Dasar Negeri 6 Kecamatan Simpang Rimba,” Joong-Ki J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 307–311, 2023, doi: 10.56799/joongki.v2i2.1610.

N. Nuryati, T. Subadi, A. Muhibbin, B. Murtiyasa, and S. Sumardi, “Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2486–2494, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2377.

A. Meinisa and Wasitohadi, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Sekolah Dasar,” J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 27–37, 2019.

S. S. Dewi, R. M. Hariastuti, and A. U. Utami, “Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018,” Transform. J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 3, no. 1, pp. 15–26, 2019, doi: 10.36526/tr.v3i1.388.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.19821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.