Optimalisasi Pembelajaran Digital Bahasa Indonesia pada Aplikasi Teachmint

Tobi Bagustian Tanjung, Elly Prihasti Wuriyani, Muhammad Surip, Syairal Fahmy Dalimunthe

Abstract


Pentingnya optimalisasi pembelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan masih banyaknya aplikasi pembelajaran online yang belum menyediakan fitur dengan Bahasa Indonesia sehingga terbatasnya inovasi pembelajaran secara digital. Salah satu aplikasi yang dapat dijadikan rekomendasi adalah Teachmint yang telah menyediakan fitur Bahasa Indonesia tetapi belum begitu banyak digunakan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode studi pustaka, dalam penelitian ini penulis memperoleh data dari buku, karya ilmiah, dokumen dan sumber lain yang relevan serta didukung hasil wawancara dan pengamatan dengan Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Pandan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia secara digital dapat memberikan wawasan yang lebih luas, sehingga diperlukan inovasi untuk mengoptimalkan pembelajaran digital melalui penyediaan aplikasi digital yang memiliki fitur Bahasa Indonesia. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah menggunakan E-learning yang dikembangkan dan dirancang dengan baik untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Aplikasi teachmint baik diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran menulis maupun pembelajaran menyimak karena siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi yang digunakan untuk menulis resensi dan membuat siswa fokus pada apa yang sedang mereka pelajari. 


Keywords


Optimalisasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Digitalisasi, Teachmint

References


Abdullah, F. (2019). Fenomena digital era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 4(1), 47-58.

Amelia, A., dan Rudiansyah (2021). Digitalisasi dan Pembelajaran Bahasa di Era Digital. Procedding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 5, Universitas Malang: 96-105.

Chairunnisa, C. (2018). Bahasa dan kebudayaan. Journal of Education Scienties, 2(1), 48-61.

Darmika, I.P., Gunatama, G., dan Sutama, I. M (2018). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 8(2), 260-272.

Dewi, A.C., Wiliantika., Ainun, N., Putra, M.A., Anggraenu, A.Y.N., Akbar, M.F., Padang, S.T (2023). Optimizing the Use of Indonesian in Learning in the Digital Era. International Journal of Sustainability in Research (IJSR). 1(4), 255-260.

Faloye, B.O., Adeoluwa, B.M., dan Adeosun, O.M (2021). Digitalization, Film Production and Global Education Dynamism: A Study of Pre-Service Teachers’ Speech Proficiency. Global Journal of Arts, Humanities, and Social Science, 9(6), 82–91.

Gushevinalti, G., Suminar, P., dan Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi Di Era Konvergensi Media. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 083-099.

Hartono, R. (2021). Optimalisasi Bahasa Indonesia dalam Konten Digital: Studi Kasus E-learning. Andi Publisher.

Lutge, C., Owczarek, C., dan Stannard, M (2019). Crossovers: Digitalization and Literature in Foreign Language. Central and Eastern European Online Library, 9(3)519– 540.

Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., dan Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(1), 53-57.

Rahmawati, D., & Sutanto, E. (2022). Optimalisasi Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Platform E-learning di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 10(2), 150-160.

Samsudin., Mujab, S., Safar, M., dan Munandar, H (2023). The Effect of Digitalization on Language and Culture in Management Practice Modern Education. Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa, 19(2), 135-150.

Santoso, I (2020). Bahasa Indonesia dalam Pendidikan: Kajian Identitas dan Budaya. PT. Gramedia.

Sihite, E., Sidabutar, H., Lumbantoruan, R., Siregar, R., dan Tansliova, L (2024). Strategi Penggunaan Teknologi (E-Learning) Untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Indonesia. Qistina: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(1), 720-724.

Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59.

Sulastiani, Y., Sholih, S., dan Rusdiyani, I. (2023). Development of Online-Based Interactive Video Media Using Teachmint Application for Natural Science Learning. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 890-892.

Triyono, M.B., Utami, P (2017). Pembelajaran E-Learning Pendidikan Vokasi. UNY Press.

Widodo, A. (2018). Pendidikan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Perpustakaan Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.