PENGARUH METODE BERCERITA PENGALAMAN YANG MENGESANKAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SD NEGERI 93 PALEMBANG

Muhamad Muhamad Ibrahim, Andi Andi Rahman, Evi Evi Rosmiyati

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita pengalaman yang mengesankan terhadap keterampilan berbicra siswa kelas III. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 93 Palembang pada tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian yaitu True Eksperimen dengan posttets only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III SD Negeri 93 Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang terbagi menjadi dua kelas III.A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas III.B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah obsevasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata (posttest) kelas Eksperimen 86.46 dan kelas kontrol 55.45 dan untuk uji hipotesisnya menggunakan independent sample T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai <0,005 sehingga Ho ditolak Artinya Ha diterima dengan demikian terdapat perbedaan yang sugnifikan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode bercerita dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas III SD Negeri 93 Palembang. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh metode bercerita pengalaman yang mengesankan terhadap keterampilan berbicra siswa kelas III SD Negeri 93 Palembang”.

Kata Kunci : Metode Bercerita, Bahasa Indonesia, dan Keterampilan Berbicara.

Abstract
The aim of this research is to determine the effect of the method of telling impressive experiences on the speaking skills of class III students. This research was conducted at SD Negeri 93 Palembang in the 2023/2024 academic year. The type of research used in this research is True Experiment with posttest only control group design. The population in this study was class III of SD Negeri 93 Palembang. The sampling technique used in this research was purposive sampling which was divided into two classes III.A as the experimental class with 24 students and class III.B as the control class with 20 students. The instruments used in the research were observation and tests. The results obtained from the average value (posttest) for the experimental class were 86.46 and for the control class 55.45 and to test the hypothesis using the independent sample T-test, the sig (2-tailed) value was 0.000. The value is <0.005 so Ho is rejected. This means that Ha is accepted, thus there is a significant difference in the learning outcomes of students who receive learning using the storytelling method and students who receive conventional learning in class III of SD Negeri 93 Palembang. So it can be concluded that "There is an influence of the method of telling impressive experiences on the speaking skills of class III students at SD Negeri 93 Palembang".

Keywords : Strorytelling Method, Indonesian, Speaking skills


Keywords


Metode Bercerita, Bahasa Indonesia, dan Keterampilan Berbicara

References


A, D. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Pengalaman Diri. Jurnal Belaindika Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan , 2-3.

Aggraini & Khoiriah. (2021). Analisis Daya Pembeda Dan Taraf Kesukaran Pada Soal Bilangan Romawi Kelas 4 SDN Tobat 1 Balaraja. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 151-158.

Amrah & Sahabuddin. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Storytelling Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V SD Islam Athirah 1 Makasar. Jurnal Pendidikan , 3.

Ani. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatakan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas VII SMP 4 Mataram . Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 10-12.

Arifudin, Mayasari. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 98-106.

Aufa F. N., & Dkk. (2020). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Visualisasi Poster Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3.

Ayuandia. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Karyawisata Pada Anak Kelompok B Lab School Paud UNIB kota Bengkulu. Jurnal Potensia PG PAUD UNIB, 2-6.

Djamilah, A. (2019). Penggunaan Metode Bercerita Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Pengalaman Diri. Jurnal Belaindika Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 2-3.

Dkk, D. A. (2019). Implementasi Metode Bercerita Dan Harga Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 405-406.

Dwiyan, A. (2019). Implementasi Metode Bercerita Dan Harga Diri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 405-406. Elya, M. H. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 302-306.

Handayani, S. R. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Tahfidz Yarqi. Jurnal Psikolgi Dan Pendidikan.

Ilham & Wijiyati. (2020). Keterampilan Berbicara Pengantar Keterampian Berbahasa. Kota Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Kesumawati & Aridanu. (2021). Statistik Parametik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noefikri.

Kurniawan, Y. &. (2021). The Effect Of Storytelling Method On the Speaking Skills Of Third Graders. Academia Open, 7-10.

Madyawati. (2020). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak . Jakarta: Prenadamedia Group.

Makhmudah. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Dalam Metode Bercerita. JurnaL Pendidikan Agama Islam, 69.

Mudin. (2021). Metodologi Penelitian. Riau: Cv.Dotplus.

Nizamudin, & dkk. (2021). metodologi penelitian. Bengkalis-Riau: CV.DOTPLUS.

Nizamudin, &. D. (2021). Metodologi Penelitian. Bengkalis-Riau: Cv.Dotplus.

Nupus & Parmiti. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jaya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2.

Oktavia. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Pengalaman Yang Mengesankan Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN gUNUNGSARI. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Padmawati, K. D. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal Pembelajaran Dan Pembelajaran, 190-200.

Palupi & Dkk. (2022). Analisis Faktor Kecemasan Pada Proses Keterampian Berbicara Peserta Didik Tingkat 1 Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4.

Ridwan & Indra. (2021). Seni Bercerita,Bermain Dan Bernyanyi. Puekan Bar: Anugerah Pratama Press.

Sari & Bramasta . (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Jurnal Education, 74-82.

Sari, v. d. (2022). Analisis Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2.

Septian & Kosilah . (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Inovasi Penelitian, 1139-1148.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman & khasanah. (2022). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book. Jakarta: Prenanda Media.

Susanti. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Di Era Globalisasi . Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia , 47-49.

Tarmini, A. &. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu.

Widyastuti. (2021). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yulsyofriend & Izzati Lailatul. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Koknitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusa, 477




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.