PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI SEJARAH KERAJAAN DI INDONESIA KELAS IV SD
Abstract
Pembelajaran konvesional membuat siswa kurang aktif dan kesulitan memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web wordwall yang valid dan praktis untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau research and development. Subjek penelitian ini berjumlah 11 siswa. Media ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan dengan menggunakan lembar angket validasi yang ditujukan kepada para ahli, dan analisis kepraktisan yang dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa. Hasil analisis data pengembangan media interkatif berbasis web wordwall pada pembelajaran IPAS materi Sejarah Kerajaan di Indonesia yang dilakukan dan dikembangkan peneliti dikategorikan sangat valid dari lembar angket validasi dengan rata-rata 86.2%, media interaktif berbasis web wordwall pada pembelajaran IPAS materi Sejarah Kerajaan di Indonesia yang dikembangkan sangat praktis dari lembar angket respon siswa dengan rata-rata 88,15%. Dapat dismpulkan bahwa media interaktif berbasis web wordwall ini layak digunakan dalam proses pembelajaran
Kata Kunci : ADDIE, Pengembangan, Wordwall, Sejarah Kerajaan di Indonesia.
Abstract
Conventional learning makes students less active and has difficulty understanding the learning material. This research aims to develop a valid and practical web-based interactive learning media wordwall for grade IV elementary school. This research uses research and development. The subjects of this study are 11 students. This media was developed using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection was carried out by documentation, validation questionnaires and student response questionnaires. The data analysis technique was carried out by analyzing the validity using a validation questionnaire addressed to experts, and a practicality analysis carried out using a student response questionnaire. The results of the data analysis of the development of web-based interactive media wordwall in the learning of social science of the Royal History material in Indonesia conducted and developed by the researcher were categorized as very valid from the validation questionnaire sheet with an average of 86.2%, the interactive web-based wordwall in the learning of the social science of the Royal History material in Indonesia which was developed very practically from the student response questionnaire with an average of 88.15%. It can be concluded that this web-based interactive media wordwall is suitable for use in the learning process.
Key words: ADDIE, Development, Wordwall, History of the Kingdom in Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tingkat SD. MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT: Remaja Rosdakarya.
Amali, K., Kurniawati , Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik Berbasis teknologi Masyarakat pada Mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal Of Natural Sience and Integration, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151
Azis, N. A. (2023). Analisis Nilai-nilai Sejarah dan budaya Lokalitas pada Buku IPAS Kelas IV SD Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan, 11(2), 199-210. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v11i2.8556
Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236.
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A - Fase B. (2022). Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019, 125-129.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal Of Student Research (JSR), 1(2), 01-17. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Faiz , A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penelitian (Assessment), dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development, 10(3), 492-495.
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN : Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.
Fitri, A., Rasa, A., Kusumawardhani, A., Nursya'bani, K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Halaluddin, Tulak, H., & Rante, S. V. (2021). Penelitian dan Pengembangan. Media Madani Publishing.
Harefa, N. A., & Laoli, B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik. Jurnal Pendidikan, 5(2), 981-992. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.3063
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., . . . Indra P, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Kustiawan, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera (Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia).
Manurung, P. (2020). Multimedia Interaktif Sebagai Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID 19. AL-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1-12.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Journal Of Gander Studies, 13(1), 116-152. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Martha, Y., Sa'diyah, D., Maulana, H., & Warto, W. (2023). Konsep Dasar Sejarah : Implementasinya Dalam Pemeblajaran. BERSATU : Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 167-176. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.285
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Windy, A. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative Jurnal Of social Sciene Research, 1(2), 552-560. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, N. U. (2021). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 234-255.
Nusantara, D. A. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86-100.
Parni. (2020). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Cross-Border : Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hubungan Internasional, 3(2), 96-105.
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Fiqoh, A. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. ABDI LAKSANA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 70-77.
Putri, D. N., Fitriah, I., Tyara, A., & Arita, M. (2022). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interkatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(2), 363-374. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4290
Putri, N. M., & Hamimah. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA. Journal Of Practice Learning and Educational Develompent, 3(1), 95-99.
Radyuli, P., & Khairani, N. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 55-65.
Rochmada, E. D., & Suprayitno. (2022). Pengembanagan Game Edukasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1355-1364.
Rosiyani, A. I., Salamah, A., Lestari, C. A., & Anggraini, S. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS Sekolah Dasar. 1(3), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271
Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Sun'iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran PAI di Tingkat Pendidikan Dasar. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 7(1), 1-18. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/dar%20el-ilmi.v7i1.2024
Suryani, N., Setiawan, A., & Aditin, P. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.
syamsiani. (2022). Transformasi Media Pendidikan Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. CENDEKIA : Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 35-44. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i3.274
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100-2112. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597
Wildan, A., Suherman, & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) Pada Materi bangun Tuang Untuk siswa SD. Jurnal Cendekia, 7(2), 1623-1634.
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RND). Quanta, 5(3), 111-118. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20240
Refbacks
- There are currently no refbacks.