PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DALAM PEMBELAJARAN DI SD: MENYATAKAN PERUBAHAN PERILAKU SOSIAL

Fitri Fitri Hidayanti, Djunaidi Djunaidi, Masagus Masagus Firdaus

Abstract


Abstrak
Tik Tok, salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan siswa saat ini, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aplikasi Tik Tok berdampak pada perilaku sosial siswa di kelas V SD Taman Siswa Sungai Buah Palembang. Alat pengumpulan datanya berupa Observasi, Wawancara, Angket. Skala likert juga digunakan. Pengambilan sampel pada deskriptif kuantitatif tersebut menggunakan Random Sampling Sederhana. Studi ini menemukan bahwa perilaku sosial siswa kelas V di SD Taman Siswa Sungai Buah Palembang dipengaruhi oleh aplikasi Tik Tok. Hasil persentase dari total nilai angket siswa kelas V, 82,9% berada di kategori "Setuju", menunjukkan berdampak.
Kata Kunci : Dampak, Aplikasi Tik Tok, Perilaku Sosial
Abstract
Tik Tok. One of the most widely used social media applications by students today. The purpose of this study is to determine how apps impacts the social behavior of students in grade V of SD Taman Siswa Sungai Buah Palembang. The data collection tools are in the form of Observation, Interview, Questionnaire. Likert scale is also used. Sampling in the quantitative descriptive uses Simple Random Sampling. This study found that the social behavior of grade V students at SD Taman Siswa Sungai Buah Palembang is influenced by the Tik Tok application. The percentage results of the total questionnaire scores of grade V students, 82.9% are in the "Agree" category, indicating an impact.
Keywords: Impact, Tik Tok Application, Social Behavior


Keywords


Dampak, Aplikasi Tik Tok, Perilaku Sosial

References


Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Pengantar Metodologi Penelitian (p. 152).

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Asfuri, N. B., Meisari, I., Ambarsari, R. Y., Faridhoh, L. S., & Harbono. (2023). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaki Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 03 Banjarharjo Kebakramat Karanganyar. Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(1), 15–29. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2478

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Novalinda, R., Dakhi, O., Fajra, M., Azman, A., Masril, M., Ambiyar, A., & Verawadina, U. (2020). Learning Model Team Assisted Individualization Assisted Module to Improve Social Interaction and Student Learning Achievement. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7974–7980. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082585

Prayoga, Y., Sumarwiyah, S., & Purbasari, I. (2022). Belajar Kelompok Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Saat Pandemi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 670–677. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2080

Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3029–3036. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.792

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Silvia, N., & Ropida, I. (2022). Karakter Peduli Sosial: Pengaruh Aplikasi “Tik Tok” PadaPeserta Didik Kelas V A SD. Journal of Basic Education Research, 3(1), 16–22. https://doi.org/10.37251/jber.v3i1.203




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.