PENGARUH MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN 229 PALEMBANG

Maysyaroh Maysyaroh, Misdalina Misdalina, Melinda Puspita Sari Melinda Puspita Sari Jaya

Abstract


Abstrak
Masalah pada penelitian ini adalah siswa kurang memahami suatu pembelajaran terkait materi satuan waktu, siswa kurang percaya diri terhadap kemampuan mereka saat menghadapi pembelajaran matematika pada materi satuan waktu, siswa kurang terampil dan kreatif dalam mengoperasikan objek atau alat yang digunakan seperti jam dinding pada materi satuan waktu. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Apakah Terdapat Pengaruh Model PBL Menggunakan Media Papan Waktu Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Satuan Waktu Kelas III SDN 229 Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL yang didukung media papan waktu terhadap hasil belajar matematika pada materi satuan waktu kelas III SDN 229 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil uji hipotesis yang diperoleh 0,000 < 0,05, maka H1 menyatakan bahwa model PBL yang didukung media papan waktu terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 229 Palembang diterima.

Kata kunci: Model PBL, Papan Waktu, Hasil Belajar
Abstract
The problem with this study is that students lack an understanding of a matter-related unit of time, students lack confidence in their abilities when dealing with mathematical learning on a matter of a unit of Time, students are less skilled and creative in operating objects or tools that are used such as wall clocks on a material of a unity of time. The problem formula in this study is "Is There an Influence of the PBL Model Using a Timeline Media on Mathematical Learning Results on the Material of a Time Unit of Class III SDN 229 Palembang". This study aims to find out the influence of a PBL model supported by a timeline media on the mathematical learning outcome on the material of a time unit of class III S DN 229 palembang. The type of research used in this research is quantitative with an experimental approach. Based on the results of the research it was concluded that the test results of hypothesis obtained 0,000 < 0,05, then H1 stated that the PBL model supported media timetable had a positive influence on the mathematical learning results of students of class III SDN 229 Palembang accepted.

Keywords: PBL Model, Timeboard, Learning Outcomes


Keywords


Model PBL, Papan Waktu, Hasil Belajar

References


Adiilah, I. I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR), Vol.2 No. 1, 49–56.

Aidiana, R., Misdalina, M., & Suryani, I. (2023). Analisis Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 195 Palembang. Journal on Education, Vol. 5 No. 4, 11884-11893.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 No. 3, 2857-2868.

Andraelni, R. V. (2020). Pelngarulh Modell Problelm Baseld Lelarning Belrbantulan Meldia Papan Pelcahan dan Gelomeltri (PARI) Telrhadap Pelmahaman Konselp Matelmatika. Magellang: Skripsi Ulnivelrsitas Mulhammadiyah Magellang.

Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ayunda, S. N., & Dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, Vol. 5 No. 2, 5000-5015.

Cahyani, H. D., & Dkk. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampulan Belrpikir Kritis Siswa dengan Penerapan Modell Pembellajaran Problem Based Learning. Eldukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 3, 919 - 927.

Dewi, D. A. (2018). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kusumawati, I. T., & Dkk. (2022). Studi Kepustakaan Kelmampuan Berpikir Kritis Delngan Penerapan Model PBL Pada Pendelkatan Telori Konstrulktivisme. Jurnal MathEldul(Mathematic Elducation Journal), Vol. 5 No. 1, 13-16.

Mayasari, A., & Dkk. (2022). Implelmelntasi Modell Problelm Baseld Lelarning (PBL) Dalam Melningkatkan Kelaktifan Pelmbellajaran. Julrnal Tahsinia, Vol. 3, No. 2, 167-175.

Mushuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Rohmah, S. N. (2021). Stratelgi Pelmbellajaran Matelmatika. Yogyakarta: Kampuls II Ulnivelrsitas Ahmad Dahlan.

Rohmawati, D., Bahtiar, R. S., & Dayat, T. (2019). Elfelktivitas Pelnggulnaan Meldia Papan Waktul Pada Pelmbellajaran Pelrhitulngan Waktul Bagi Siswa Kellas III Selkolah Dasar. Julrnal Bidang Pelndidikan Dasar (JBPD), Vol.3 No.1, 14-23.

Sari, I. P. (2021). Pelngarulh Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Pada Mata Pellajaran Bahasa Indonelsia Di Kellas V SD Nelgelri 24 Kota Belngkullul. Skripsi Institult Agama Islam Nelgelri, UIN Fatmawati Sukarno.

Sofyan, H., & Dkk. (2017). Problelm Baseld Lelarning Dalam Kulrikullulm 2013. Yogyakarta: UlNY Prelss.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulgiyono. (2020). Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandulng: Alfabelta.

Taulfiq, A. (2014). Hakikat Pelndidikan di Selkolah Dasar. Jakarta: Pulstaka UlT.

Wulandari, S., Misdalina, & Tanzimah. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memahami Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 33 Palembang. Journal on Education, Volume 06, No. 01, 6155-6163.

Yolanda, K., Misdalina, M., & Novianti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPASiswa Kelas IV Sd=D Negeri 35 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Volume 4 Nomor 4, 1790-1796




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.