PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 100 PALEMBANG

M. Rizky M. Rizky Putra Anugrah, Magdad Magdad Hatim, Ida Ida suryani

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana penerapan media audio dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas II SD Negeri 100 palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II.A dan II.B SD Negeri 100 Palembang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi mendalam secara langsung di lapangan kepada informan sebagai bentuk pencarian data di lapangan. Hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dapat dilihat pada penelitian yang difokuskan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menyimak menggunakan media audio visual di SDN 100 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio dalam pembelajaran menyimak pada siswa kelas II SD Negeri 100 Palembang. Dinilai positif sebagai langkah meningkatkan kualitas pembelajaran, penerapan ini dianggap mengutamakan peningkatan pembelajaran siswa dalam menyikapi pembelajaran dengan memanfaatkan media audio visual sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak, Siswa Kelas II SD Negeri 100 Palembang

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan media audio dalam pembelajaran menyimak bagi siswa kelas II SD Negeri 100 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II.A dan kelas II.B SD Negeri 100 Palembang yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi mendalam langsung di lapangan dengan informan sebagai bentuk pencarian data di lapangan. Hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dapat dilihat pada penelitian yang berfokus pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menyimak dengan menggunakan media audio visual di SDN 100 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio dalam pembelajaran menyimak bagi siswa kelas II SD Negeri 100 Palembang. Dinilai positif sebagai langkah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, penerapan ini dinilai lebih mengutamakan peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran menyimak dengan memanfaatkan media audio visual sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak, Siswa Kelas II SD Negeri 100 Palembang.


Keywords


Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak, Siswa Kelas II SD Negeri 100 Palembang

References


Hasan , Muhammad ; Milawati; Darodjat;. (2021). Media pembelajaran . Jawa Tengah: CV Tahta Media Group.

Hasan, M. (2014). Analisis Data Penelitian dengan statistik . Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mudrikah, Saringatun; Pahleviannur, Muhammad Rizal ; Rahmah, Nani;. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Sukoharjo: CV Pradina Pustaka Group.

Mustadi, A., Fauzani, R. A., & Rochmah, K. (2018). Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Mustadi, Ali; Amelia, Rizky; et.al,. (2021). Strategi Pembelajaran keterampilan berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah . Yogyakarta: UNY Press.

Rahmani, A., Ratnasari, D. T., & Afrida, T. (2021). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENUMBUHKAN. Jurnal Ilmiah PGSD, 1 - 7.

Salsabila, A., & Sukartono. (2023). Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Cerita Rakyat. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 - 10.

Satrianawati. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Cvbudi Utama..

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Pemahaman Peneltian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Susanti. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Anak Melalui Penggunaan Media Film Animasi . Susanti, 5.

Susanti, Susi; Saputra , Nanda;. (2021). Desain Media Pembelajaran SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Susanti, W. (2021). Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Mandiri Pada Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Yogyakarta: Samudra Biru.?

Syarifuddin, & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran. Palembang: Bening.

Zakariah , M; Zakariah, Askari; Afriani, Vivi;. (2020). Metodologi Peneliti Kuantiaif, Kualitatif Action Research . Sumatra Selatan : Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.