PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RIMBA SAMAK

Desiani Helmalia Desiani Helmalia Putri, Destiniar Destiniar, Nurlela Nurlela

Abstract


Abstrak
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada Pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental dengan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : Hasil dari penelitian ini diperoleh dari siswa dan siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Dengan nilai rata-rata pada pretest 83,75 dengan peningkatan nilai pada posttest 98,50 dengan kenaikan 14,75%. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen berupa Tes dengan bentuk soal pilihan Ganda untuk mengetahui nilai rata-rata anak pada posttest, nilai yang lebih tinggi pada pretest.
Kata kunci: pembelajaran, pembelajaran kontekstual, hasil belajar IPS

Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Hasil penelitian ini diperoleh dari siswa kelas V SD Negeri 1 Rimba Samak dengan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Dengan nilai rata-rata pada pretest sebesar 83,75 dengan peningkatan nilai pada posttest sebesar 98,50 dengan peningkatan sebesar 14,75%. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen berupa tes berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui rata-rata skor anak pada posttest, semakin tinggi skor pada pretest.
Kata Kunci: pembelajaran, pembelajaran kontekstual, hasil belajar IPS


Keywords


pembelajaran, contextual teaching and learning, hasil belajar IPS

References


Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32.

Erni., Y. &. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. BJE 1(1): 16-23, Desember 2020.

Fatimah, L. U. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 2, Desember 2019 , 41.

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal Dinamika Volume 3 No. 2 (2022) E-ISSN: 2723-1410 Website: https://jurnal.iainsalatiga.ac.id/index.php/dinamika/index.

Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) (Pembelajaran Melalui Tindakan). Tarbawi. Volume, 4 No. 1 Januari-Juni 2019.

Khoerunnisa, P. &. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 4, Nomor 1, Maret 2020; 1-27 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia.

Meynawati, L. H. (2022). Analisis Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Journal on Education Volume 05, No. 01, September-November 2022, pp. 601-608 E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365 Website: http://jonedu.org/index.php/joe.

Namuza, A. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Museum Virtual Terhadap Minat Belajar IPS Siswa SMPN 5 Bojonegoro. Dialektika Pendidikan IPS, Volume 3 (1) (2023): 36 – 44 Volume 3 No. 1, Tahun 2023 Halaman 36-44 Available online : https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/index.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Ridhahani. (2020). Metodologi Penelitian Dasar Bagi Mahasiswa dan Peneliti Pemula. Banjarmasin: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Rina, F. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Rizal, R. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Conntextual Teaching and Learning). Saraweta : Jurnal Pendidikan dan keguruan Vol 1, No. 01, (April 2023) ISSN 2986-1632.

Salhuteru, J. R. (2023). Model-Model Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI ISSN Online: 2745-6935 ISSN Print: 2797-2488 Volume 4, Nomor 1.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliansi, S. E. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA) Volume 6, Nomor 2, Juli-Desember 2023 e-ISSN: 2598-4934 p-ISSN: 2621-119X DOI: https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7294.

Zulpan., &. R. (2020). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Membaca Short Functional Text Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Guru Vol. 1 No. 1 Januari – Juni 2020




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.