PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 13 PALEMBANG

Mogy Mogy Egenza, Hetilaniar Hetilaniar, Amirudin Amirudin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan media yang digunakan hanya terbatas pada buku pembelajaran. Padahal media pembelajaran memiliki peranan yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 13 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13 Palembang yang beralamat di Jl. Macan Lindungan, Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, yaitu jenis Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu siswa kelas VB di SD Negeri 13 Palembang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji t (Paired Samples t-test) diperoleh bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 12,686 > 1,690 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media YouTube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 13 Palembang.

Kata kunci: YouTube, Hasil Belajar, IPA

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan media yang digunakan hanya sebatas buku pembelajaran. Padahal media pembelajaran memiliki peranan yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media YouTube terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 13 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 13 Palembang yang beralamat di Jl. Proteksi Harimau, Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yaitu jenis Pre-Experimental Design dengan menggunakan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu peserta didik kelas VB di SD Negeri 13 Palembang yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini adalah pengujian hipotesis menggunakan uji t (Paired Samples t-test), diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 12,686 > 1,690, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media YouTube terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 13 Palembang.

Kata Kunci: YouTube, Hasil Belajar, Sains

 


Keywords


YouTube, Hasil Belajar, IPA

References


DAFTAR PUSTAKA

Adi, D. W. (2020). “Pacul” Alat Tradisonal Untuk Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Stem. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 98-102.

Aisyah, F., Imas Srinana Wardani, Triman Juniarso. (2023) Media YouTube Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Gravitasi Bumi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.

Agustira, S. ,Rina Rahmi. (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah.

Arini, N. K. A. D., Murda, I. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 25(1), 20-31.

Aris, I. E., & Hanifah, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V SDN Singapadu Curug Kota Serang Banten Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pelita Calistung, 2(01), 56-72.

Aulia, N., & Asyhar, B. (2022). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 64-69.

Azizah, L. N., Aqidah, M. F., Kholifatul, R., & Kurniawati, W. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Tentang Wujud Zat dan Perubahannya Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(1), 206-212.

Hasan, Muhammad, et al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Jamaludin, M. M., et al. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta:Kencana. 2016.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran . Jakarta: KENCANA.

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Penerbit Deepublish.

Maryanto, dkk. Buku Guru Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Balitbang dan Kemendikbud, 2017.

Mujianto, Haryadi. “Pemanfaatan YouTube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Siswa”. Jurnal Komunikasi HasilPemikiran dan Penelitian. 5:1. 2019.

Piandi, D. (2018). Kinerja Guru20. Jawa Barat: CV Jejak.

Puspitawati, N. L. A. (2022). Penggunaan youtube sebagai salah satu alternatif media pembelajaran daring bahasa indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 97-107.

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., et al. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purnia, D. S., & Alawiyah, T. (2020). Metode Penelitian Strategi Menyusun Tugas Akhir. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rifa'i, R., & Sartika, N. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Investasi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Analisa, 4(1), 43-50.

Sari, F. F., & Aisyah, S. (2021). Pengaruh Metode Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Matematika. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 84-98.

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Statistika. Surabaya: Airlangga University Press.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, dan Junaidi Indrawadi. “YouTube sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial”. Journal of Civic Education. 2:4. 2019.

Sugiyono. (2019). Meto de Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru menginovasi bahan ajar sebagai langkah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(1).

Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti, W. (2021). Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Mandiri Pada Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman. Banguntapan Bantul DI Yogyakarta: Penerbit Samudera Biru.

Sutarti, Titin dan Widhi Astuti. “Dampak Media YouTube dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Kreatifitas bagi Kaum Milenial”. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu. 26:1. 2021.

Tutiasri, Ririn Puspita, dkk. Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal KOMASKAM.2:2.2020

Utami, S. (2018). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar. Primary, 7(1), 137-148.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Jakarta:Kencana. 2018.

Yulistian, Y., Bahrudin, F. A., & Lestari, R. Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Youtube Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Academy of Education Journal, 14(2), 289-304




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.