PENGEMBANGAN KUIS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa karena dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, karena selain harus memahami konsep-konsep gejala alam, siswa juga dituntut untuk menghafal materi yang diberikan. Tidak hanya itu, siswa mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti memikirkan cara untuk mengatasi permasalahan di atas dengan mengembangkan media pembelajaran untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran di SD Negeri 80 Paelambang jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menghasilkan media pengembangan yang diberi nama “MEDIA KUIS” menggunakan aplikasi Wordwall yang melibatkan 34 siswa sebagai kelas yang diuji oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan materi pelajaran IPA berbasis Aplikasi Wordwall ini dinyatakan valid oleh 3 ahli, sehingga layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Materi pembelajaran IPA berbasis Aplikasi Wordwall dinyatakan praktis, setelah dilakukan uji coba skala kecil terhadap 34 siswa dengan menyebar angket respon terhadap siswa, sehingga Media Kuis dinyatakan layak dalam proses belajar mengajar. Materi ajar IPA berbasis Aplikasi Wordwall ini dinyatakan efektif dalam penggunaan proses pembelajaran
Kata kunci: Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Berbasis Wordwall, Materi Ajar Belajar
PENGEMBANGAN KUIS PERUBAHAN BENTUK OBJEK DENGAN APLIKASI WORDWALL BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstrak
Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa karena dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, karena selain harus memahami konsep fenomena alam, siswa juga dituntut untuk menghafal materi yang diberikan. Tidak hanya itu, siswa kesulitan memahami materi pembelajaran karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, peneliti memikirkan cara untuk mengatasi permasalahan di atas dengan mengembangkan media pembelajaran untuk memudahkan guru dalam menyampaikan pembelajaran di SD Negeri 80 Paelambang jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menghasilkan pengembangan media yang diberi nama “MEDIA KUIS” menggunakan aplikasi Wordwall yang melibatkan 34 siswa sebagai kelas yang diujicobakan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa materi ajar IPA berbasis Aplikasi Wordwall dinyatakan valid oleh 3 orang ahli, sehingga layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Materi ajar IPA berbasis Aplikasi Wordwall dinyatakan praktis, setelah dilakukan uji coba skala kecil terhadap 34 siswa dengan menyebarkan angket respon kepada siswa, sehingga Media Kuis dinyatakan layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Materi ajar IPA berbasis Aplikasi Wordwall dinyatakan efektif dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran IPA Berbasis Aplikasi Wordwall, Bahan Ajar dan Media Pembelajaran.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustira, S., & Rina, R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80.
Agustyaningrum, N., Paskalia, P., & Yuliana. (2021). Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? ABSIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 2655-4518.
Amrulloh, T. R. A., Medika, S., & Puji, R. N. (2019). Pengembangan Game Edukasi Matematika (Operasi Bilangan Pecahan) Berbasis Android Untuk Sekolah Dasar. Ilmiah Edutic, 5(2), 115-123.
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darroini, R., & Ika, R. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi “Mathcha Adventure” Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II SD. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(8), 1678-1690.
Djamarah, S.B. (2022). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Effendi, D., & Ahcmad, W. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, 125-129.
Fadilah, A., dkk. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01-17.
Fahrurrozi, M., & Mohzana. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tinjauan Teoretis Dan Praktik. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Faiz, A., Nugraha, P. P., & Fajar, N. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development, 10(3), 492-495.
Gandasari, P., & Puri, P. (2021). Pengaruh Aplikais Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696.
Hasan, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group. Harefa, N., & Laoli, B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik. Pendidikan, 5(2), 981-992.
Kustandi, C., & Daddy, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Maryanto, dkk. (2017). Peristiwa dalam Kehidupan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 7. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurfadhillah, S., dkk. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri KOHOD III. Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243-255.
Oktariyanti, D., Aren, F., & Riduan, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Basicedu, 5(5), 4093-4100.
Permendikbud. (2022). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor16 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Pratama, L. D., Wahyu, L.& Ahmad, B. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39- 50.
Radyuli, P., & Nikmatul, K. (2019). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital. Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 55-65.
Rochmada, E. D., & Suprayitno. (2022). Pengembangan Game Edukasi Wordwall Dalam Pembelajaran Ips Materi Peninggalan Sejarah KelasIv Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1355-1364.
Sanjaya, W. (2022). Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses dan Kompetensi. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Selegi, S. F., Nurhasana, P. D., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. (2023). Strategi pembelajaran. CV. AZKA PUSTAKA.
Sitepu. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 242-248. Suryani, Nunuk. 2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sun'iyah, S. L. (2020). Media Pembelajaran Daring Berorientasi Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pai Di Tingkat Pendidikan Dasar. El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora, 7(1), 1-18.
Suparman, T. D., Prawiyogi, A, G.& Susanti, R, E. (2020). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Basicedu, 4, 250-256.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsiani, S. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. Ilmu Sosial, Bahasa, dan Pendidikan, 2(3), 35-44.
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Zahwa, F. A., & Imam, S. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(1), 2614-5839.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20476
Refbacks
- There are currently no refbacks.