PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP.
Abstract
Abstrak
Peneliti menemukan permasalahan bahwa peserta didik kurang dalam berpikir kritis dilihat dari jawaban soal-soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Dharma Bhakti Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperiment dengan posttest only control grup design. Sampel yang digunakan kelas VIII C dan kelas VIII D dipilih secara acak atau random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada pada kelas kontrol dengan nilai 79,4 dan 62,8. Setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka ditolak dan diterima. Dengan demikian hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Dharma Bhakti Palembang.
Kata kunci: Metematika, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Abstrak
Peneliti menemukan permasalahan yaitu kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari jawaban soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Dharma Bhakti Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Sampel yang digunakan untuk kelas VIII C dan kelas VIII D dipilih secara acak atau random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai masing-masing 79,4 dan 62,8. Setelah dilakukan analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak dan H_diterima. Dengan demikian, hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Dharma Bhakti Palembang.
Kata Kunci: Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmar, Hamdiah, Prastawa Budi, Mardiana Ahmad, Ahmad Mushawwir, and Zul Khaidir. 2020. “Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning : Literature Review.” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 10–17. doi: https://doi.org/10.30651/jkm.v5i2.3949.
Ariani, Resti Fitria. 2020. “Pengaruh Model Pembelaajran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4(3):433–432.
Hidayat, Fauziah, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV.” Journal On Education 01(02):515–23.
Iskandar, Ananda Mahaputra, Dinda Nurfadiah, Widia Iswari Yuli, and Desnita. 2021. “Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” 7(1):48–58. doi: https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2714.
Kesumawati, Nila, and Ichawan Aridanu. 2023. Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.
Khoirunnisa, Pramudya Hilma, and Putri Nur Malasari. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika 7(1):49–56. doi: 10.37058/jp3m.v7i1.2804.
Mas, Rangga Bachtiar, Nasution, and Zeni Sofia Familawati. 2023. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Rengel Kabupaten Tuban Pada Materi Proses Masuknya Hindu-Buddha Ke Nusantara Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ).” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 11(3):912–31. doi: https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.907.
Nufus, Hayatun, and Linda Dewi Sahputri. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.” Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma 7(1):12–19.
Nurfahrani, Laila Hayati, Ulfa Lu’luilmaknun, and Nani Kurniati. 2023. “Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 23 Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(4):2403–7. doi: https://doi.org/10/29303/jipp.v8i4.1831.
Pratama, Bayu Adi, and Dian Mardiani. 2022. “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Antara Siswa Yang Mendapat Model Problem-Based Learning Dan Discovery Learning Pendahuluan.” Journal Power Math Edu 01(01):83–92.
Prihono, Eko Wahyunanto, and Fitriatun Khasanah. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika 8(1):74–87. doi: 10.20527/edumat.v8i1.7078.
Riyanto, Muhamad, Masduki Asbari, and Dahru Latif. 2024. “Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Journal Of Information Systems and Management 03(01):1–5.
Setiawan, Renaldo Adam, and Happy Indira Dewi. 2024. “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Sosial Dan Humaniora 8(1):66–74. doi: https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v8i1.3381.
Shofiyah, Noly, and Fitria Eka Wulandari. 2018. “Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3(1):33–38.
Sitompul, Nova Nadila Saputri. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas IX.” Jurnal Pendidikan Matematika 04(01):45–54. doi: http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v4i1.3129.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana. 2020. Statistik Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Supriyadi. 2021. Evaluasi Pendidikan. PT. Nasya Expanding Management.
Zakiah, Linda, and Ika Lestari. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. edited by Erminawati. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20498
Refbacks
- There are currently no refbacks.