FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 3 RANTAU BAYUR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa kelas V dalam proses pembelajaran IPA di SD Negeri 3 Rantau Bayur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif artinya mendeskripsikan atau mengungkapkan dan menjelaskan. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan suatu fenomena. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA disebabkan oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri yaitu dari kemampuan siswa, siswa tidak sungguh-sungguh didalam proses pembelajaran IPA dan disiplin belajar, siswa malas dan asik dengan kegiatannya sendiri sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri yaitu dari faktor kondisi lingkungan sekolah siswa, seperti pengaruh dari teman sepermainan siswa dan juga berasal dari faktor guru sebagai pembina siswa dalam belajar, guru di dalam proses pembelajaran IPA tidak ditunjang dengan media pembelajaran. Upaya pihak sekolah dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik, mengatur metode pembelajaran sesuai dengan materi dan memperbaiki fasilitas sekolah.
Kata kunci: faktor penyebab, motivasi belajar, motivasi siswa
This research aims to determine the factors that cause the low learning motivation of class V students in the science learning process at SD Negeri 3 Rantau Bayur. This research method uses a descriptive qualitative approach. Descriptive qualitative research means describing or revealing and explaining. Descriptive qualitative research is aimed at describing and illustrating a phenomenon. Data collection techniques use observation, interviews and documentation techniques. Based on research results, the low level of student learning motivation in the science learning process is caused by internal factors originating from within, namely from the students’ abilities, students are not serious in the science learning process and learning discipline, students are lazy and absorbed in their own activities while external factors originate from outside the self, namely from factors in the student’s school environment, such as the influence of the student’s playmates and also originating from the factor of the teacher as a guide for students in learning, teachers in the science learning process are not supported by learning media. The school’s efforts are to provide interesting learning media, organize learning methods according to the material and improve school facilities.
Keywords: causative factory, motivation to learn, student motivation
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Albi, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). 11.
Aldiyah, E. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pengembangan sebagai sarana peningkatan keterampilan proses pembelajaran IPA di SMP. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. 1(1):, 67-76.
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, h. 126.
Baiq Siti Munawarah, Hari Witono, Ilham Syahrul Jiwandono. (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKN Kelas V SDN Cakranegara. prospek unram, 143-153.
Dahliana, dkk. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaraan IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 957, Vol. 3 No. 3.
Dalyono, M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, h. 55.
Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E. N., Kade, I. G. A. N., Sukiastini, Arifin, M. M., Nisa’, R., Widyasanti, N. P., & Kusumawati, R. D. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. 4.
Dilvina, S, dkk. (2021). Analysis of Low Student Achievement in Fifth Grade State Elementary School 1 Barejulat. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 168-176.
Fatmawati, T. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas III SDN 156 Seluma. repository.iainbengkulu.ac.id, 19.
Handayani, S., Marlina, M., & Desyandri, D. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 125-131.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339-344.
Komang, dkk. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4, 308–318.
Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. journal.an-nur.ac.id,. 1-10.
M. K. Kojongian., W. J. F. A., Tumbuan. I. W. J. Ogi. (2022). Efektifitas dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Ukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal. Jurnal EMBA, 10(4), 1966-1975.
Meşe Esra, dkk. (2021). Factors influencing EFL students' motivation in online learning: A qualitative case study. Journal of Educational Technology & Online Learning, 4 (1), 11-22.
Mobrur, dkk. (2020). Analysis of Factors Affecting Student Learning Achievement of Social Sciences Subjects in Muhammadiyah Middle School Rokan Hulu Regency. Journal of Educational Sciences, 1(4), 190–204.
Hasanah, N. H., Sobry, M., Anggraini, E. (2021). Analisis pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi dalam perspektif strengt, weakness, opportunities, threats (swot): Studi Di SD NEGERI 42 AMPENAN. journal.uinmataram.ac.id. 15-27.
Pinem, N. M. (2021). Analisis penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD masehi no.4 kabanjahe tahun ajaran 2020/2021. digital repository universitas quality berastagi, 6.
Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, journal.pps.ung.ac.id.
Rahmawaty, dkk. (2022). Hubungan Keterampilan Bertanya Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Dasan Baru Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1),, 55-60.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Rohima, dkk. (2023). Pentingnya Peranan IPA Dalam Kehidupan Sehari-hari. JURNAL ADAM: Pengabdian Masyarakat, 119-123, Vol. 2, No. 1.
Rusandi, et. al. (2020). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal: Staiddimakassar.ac.id, 2-12.
Sardiman. (2003). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. (cet.X; Jakarta:: PT Raja Grafindo Persada, h.90.
Sardiman, A. M. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada, 83.
Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, h. 28.
Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, h. 75-78.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara, h. 22.
Soleman, N., dkk. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kerusakan Lingkungan Melalui Strategi Modeling The Way (Membuat Contoh Praktek) Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Kota Ternate. Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar, 15-20, Vol. 5, No. 1.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alvabeta, Cv.
Sunarno, W. (2019). Pembelajaran IPA di era revolusi industri 4.0. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), prosiding.unipma.ac.id,., 1-7.
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab, hlm 23.
Syarifuddin, dkk. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan: Vol. 4, No.1,, 278-288.
Tanjung, dkk. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Volume IV;, 88-96.
Taofiq, A. (2021). Analisis Penggunaan Dan Manfaat Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. TLUTUH SAWO: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Humaniora, 32, Vol. 5, No. 6.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20499
Refbacks
- There are currently no refbacks.