BUDAYA POSITIF DALAM PENGEMBANGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Keywords
References
Abiogu, G, 2014, Philosophy of Education: A Tool for National Development,Open Journal of Philosophy 4:372-377.
Akhmad Sudrajat, 2010, “Pengembangan budaya sekolah”, http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/04/manfaat-prinsip-dan-asas-pengembangan-budaya-sekolah/.
Amini, Aktar, Handayani, 2021, “Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah, Komunikasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru di SMK YP Satria Budi Karang Rejo Kabupaten Simalungun”. Jurnal Khasanah Pendidikan Volume 15, Nomor 2.
_____, Desliana, Akrim, 2021, “Analisis Manajemen Berbasis Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat., Jurnal Pendidikan Tambusai Volume. 5, Nomor 3.
_____, Khairunnisa, Bahri, 2021, “Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 5 Pematangsiantar”. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume. 5, Nomor 3.
_____, Mega Pati, Prasetia, 2021, “Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 13 Binjai”. Jurnal Guru Kita Volume. 6, Nomor 1.
Barnawi & Mohammad Arifin, 2012, Kinerja Guru Profesional, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Daryanto, Tarno, 2015, Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah, Gava Media, Yogyakarta.
Direktorat Tenaga Kependidikan, 2008, Penilaian Kinerja Guru, Direktorat Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK, Depdiknas, Jakarta.
Ditjen PMPTK, 2008, Pedoman Penghitungan Beban Kerja Guru, Ditjen PMPTK. Depdiknas, Jakarta.
Djemari Mardapi, 2004, “Pengembangan Kultur Sekolah”, Makalah disajikan dalam Seminar Pengembangan Kultur Sekolah di Universitas Negeri Yogyakarta.
Hakiki Mahfuzh, 2010, “Membangun Kultur Sekolah yang Berbasis Mutu”, http://www.ponpeskarangasem.com/index.com_content&view=article&id=295:budaya-sekolah&catid=67:artikel-kiriman&Itemid=93.
Luliadi, Prastia, Pratiwi, 2023, “Pengaruh Kesejahteraan, Budaya Sekolah dan Disiplin Kerja Terhadap Komitmen Guru Dikdasmen Daerah Muhammadiyah Kota Medan”. Jurnal EduTech Volume. 9, Nomor 1.
Moeliano, Anton M. et. Al, 1989, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Mulyasa. 2022. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara. Jakarta
Mulyasa, 2013, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Remaja Rosdakarya.
Natalina, Akrim, Irvan, 2022, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi”. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi (JMP-DMT) Volume. 3, Nomor 2.
Ningsih, S. M, 2017, ”Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MA Al-Hikmah Wayhalim Kedaton Bandar Lampung”, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Nuril Furkan. 2013. Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, Yogyakarta.
Peraturan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor: 4263/BHK .04.01 Tahun 2023 tentang Optimalisasi Komunitas Belajar.
Prasetia, Indra, 2022, Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik, UMSUPres, Medan.
Priono, Bayu Hendra, 2018, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Guru dan Lingkungan Kerja Fisik terhadap Tinerja Guru SMAN 1 Tanggul Jember”, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah, Jember.
Risnawatiririn, 2012, “Konsep Kinerja Guru”, http://risnawatiririn.wordpress.com/2012/01/17/konsep-kinerja-guru/.
Sriwahyuni, Prasetia, Emilda, 2023. “PengaruhBudaya Sekolah, Kompetensi dan Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SMA di Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara”, Jurnal EduTech Volume. 9, Nomor 1.
Sudjana, 2002, Metode Statistika,Trasito, Bandung.
Sugiarto, Eko, 2017, Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Tesis, Suaka Media, Yogyakarta.
Suharsaputra, Uhar, 2012, “Pengembanagn Kinerja Guru”, http://uharsputra.wordpress.com/pendidika/pengembangan-kinerja-guru/.
Supardi, 2013, Kinerja Guru, Rajawali Pers, Jakarta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
UNESCO, 2014, Suistainable Development Begins with Eduaction: How Education can Contribute to the Proposed Post-2015 Goals, Global Education First Initiatif.
Zamroni, 2011, Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Gavin Kalam Utama, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20867
Refbacks
- There are currently no refbacks.