Spirit Kewarganegaraan Guru PPKn Dalam Menghadapi Isu Dekadensi Moral Siswa Di Smp Negeri 1 Labuhan Deli
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis spirit kewarganegaraan guru PPKn dalam menghadapi fenomena dekadensi moral siswa di SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Spirit kewarganegaraan dimaknai sebagai semangat pengabdian guru dalam membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan prinsip kebangsaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi awal, observasi partisipatif, dan wawancara mendalam terhadap guru PPKn sebagai informan kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara idealisme moral guru dengan realitas perilaku siswa yang mengalami kemerosotan nilai, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Meskipun guru telah menunjukkan komitmen tinggi dalam pembelajaran nilai, pengaruh eksternal seperti media sosial dan budaya permisif menjadi tantangan serius. Spirit kewarganegaraan guru berperan penting sebagai kekuatan transformatif yang mampu membendung arus dekadensi moral melalui pendekatan edukatif, keteladanan, dan nilai-nilai kebangsaan yang konsisten.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmad, A. (2025, 31 Agustus). YouGov: Kebiasaan konsumsi media masyarakat berubah. Media Asuransi News. Diakses 27 September 2025, dari https://mediaasuransinews.co.id/news-in-brief/yougov-kebiasaan-konsumsi-media-masyarakat-berubah
Asrori, A., & Munawir, M. (2020). Anomali Perilaku Remaja Dialektika Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2025). Kamus Besar Bahasa Indonesia [Daring]. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id
Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga.
Dahlan, D., Lahmi, A., & Hakim, R. (2025). INTEGRASI KERJA OTAK DALAM PROSES PENDIDIKAN DAN BELAJAR. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 265-278.
Gulo, A. S., Harefa, A., Lase, F., & Lase, B. P. (2024). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Perilaku Peserta Didik Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11164-11174.
Istante, L. (2023). Dekadensi moral bagi generasi muda. Student Research Journal, 1(1), 21-31.
Istianah, A., & Komalasari, K. (2023). Dampak Isu Global Terhadap Jati Diri Bangsa Dan Karakter Ke Indonesiaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Asanka: Journal Of Social Science And Education, 4(1), 97-107.
Khoerudin, M., & Sassi, K. (2024). Potret Ekstensif Tujuan Global Citizenship Education (GCE) di Norwegia. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 216-237.
Maulana, R. B. (2025). URGENSI DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI WARGA NEGARA YANG CERDAS DAN BERKARAKTER DI ERA DISRUPSI DIGITAL. Raditya Bintang Maulana.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v11i2.26671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
(EDUTECH) Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiya Sumatera UtaraKampus 1 FKIP UMSU
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jurnaledutech@umsu.ac.id




