Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio Melalui Penggunaan Alat Peraga dalam Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 4 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016

Siti Aminah Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika siswa kelas X SMK N 4 Medan dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio melalui Penggunaan alat peraga dan apakah pembelajaran matematika berbasis portofolio melaluiPenggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 4 Medan yang berjumlah 37 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis portofolio denganPenggunaan alat peraga.

Instrumen yang digunakan adalah berupa tes yang berbetuk essay sebayak 8 soal dan lembar observasi, evaluasi dan tindakan kelas. Penelitian dapat dilihat pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata 59,45% dan pada siklus II menjadi 91,89% atau jika ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar maka dari hasil siklus I dipeoleh 15 orang yang memperoleh nilai kurang dari 70 dan pada siklus II menjadi 3 orang, cara yang biasa dalam menyelesaikan soal kubus dan balok terkadang membuat siswa kesulitan. Sedangkan dengan pembelajaran portofolio denganPenggunaan alat peraga dapat mempersingkat waktu sehingga tidak menyulitkan siswa dan dapat memotivasi siswa, hal ini menunjukkan bahwa setelah diajarkan dengan pembelajaran berbasis portofolio denganPenggunaan alat peaga aktivitas belajar dan juga prestasi siswa mengalami peningkatan .




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.