Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar IPA SDN 4 Banawa

Pahriadi Pahriadi, Surahman Surahman, Rizal Rizal, Sisriawan Lapasere

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SDN 4 Banawa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Penelitian quasi experimental (eksperimen semu) bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul, sebagai akibat dari adanya perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Bawana. Sampel pada penelitian ini berjumlah 46 orang siswa, 26 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis uji statistik tersebut yaitu uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,68 dan nilai pada ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel atau 6,68 ? 1,68. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Begitupun pada hasil analisis statistik deskriptif motivasi belajar, setelah diuji hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,52 dan nilai pada ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel atau 4,52 ? 1,68. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Keywords


Pop-Up Book, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Akbar, P.S. & Usman, H. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Arif, M.. (2014). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol 1. Hlm. 1-9.

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewi, Made, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksila. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1.

Djijar, D. (2015). Efektivitas Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar.

Kartini, Ajeng, & Subagio, Mas. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Materi Kebudayaan Indonesia Melalui Penggunaan Media Pop Up Book Kelas V SDN Kebraon II Surabaya. Vol 6, No 9 (2018).

Prihatiningsih, Eko & Widyanti, E., S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah dasar (JPs). Vol 4, No 1.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Wati, Trisdiana Elis. (2017). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Ekosistem Kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya. Jurnal. Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 5, (3), 913-923.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.