Inovasi Guru dalam Pembelajaran IPS pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SD Integral Hidayatullah Tondo

Rizal Palu, Surahman Surahman, Dewi Tri Rahayu, Sisriawan Lapasere, Kadek Hariana, Melyani Sari Sitepu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Inovasi Guru Dalam Pembelajaran IPS Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V SD Integral Hidayatullah Tondo. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V di SD Integral Hidayatullah Tondo dengan jumlah total 25 siswa perempuan. Nilai rata- rata jawaban responden terhadap angket yaitu sebesar 54% siswa yang menjadi responden menjawab sangat setuju, 23% siswa yang menjadi responden menjawab setuju, 14% siswa yang menjadi responden menjawab kurang setuju, dan 9% siswa menjawab tidak setuju. Dari hasil yang diperoleh maka inovasi pembelajaran guru kelas V SD Intgral Hidayatullah pada pembelajaran IPS masuk dalam kategori baik. Inovasi yang diterapkan guru SD Integral Hidayatullah pada masa pandemic covid- 19 sudah menggambarkan sejauh mana pengadaan perubahan yang berdasarkan situasi dan kondisi saat ini dengan langkah-langkah yang teratur dengan memanfaatkan bahan-bahan atau media yang ada. Bimbingan yang diberikan guru mendorong dan mengarahkan siswa untuk belajar, mengajukan pertanyaan, mencari penyelesaian terhadap masalah yang diperoleh oleh siswa sendiri. Siswa juga belajar untuk menyelesaikan tugas-tugas-nya secara mandiri dengan memanfaatkan media dengan bijaksana. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring dan luring, yang menyesuaikan dengan keadaan. Guru melakukan pemetaan sebaran siswa berdasarkan alamatnya untuk membagi siswa. Proses belajar mengajar kemudian dilakukan dalam kelompok kecil supaya bisa lebih efektif dan tetap mematuhi protokol yang ada.

Keywords


Inovasi Guru, Pembelajaran IPS, Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Kusmarni, Yani. dkk. 2016. The Development of Edutainment Leraning Model in Social Science Education/IPS. Vol. I, No. 2. UPI. 1.

Kusuma & Hamidah. 2020. Pendidikan Matematika. Volume 5. No.1.

Rizal. 2019. How to Improve the Ability of Social Science Teachers Improvement of the Middle School Student Learning Discipline. Vol. 8, Issue 2. 41

Rosidah, Ani. 2015. Penerapan Media Pembelajaran Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Nomor 2 Volume 2.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 62.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 102.

Sugiyono. 2013. Metode Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2011. Dasar-dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak. 86.

Tjipto Subadi, dkk. 2015 Implementasi Pembelajaran IPS Berbasis Kurikulum 2013 melalui Lesson Study Di Sekolah Muhammadiyah Kartasura. Vol .18, No.1.

Yaodih, Nana. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda. 60

Zuraida. 2014. Penggunaan Model Problem Solving dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Volume XIV, No.2. 22.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.