Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalam konsteks kurikulum 2013. Cetakan Ketiga. Bandung: PT Refika Aditama.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Budiyanto M.A.K., Waluyo L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. Journal Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 46-51.
Buhungo, R. A. (2015). Implementasi dan pengembangan kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1), 105-113.
Fadhilaturrahmi (2017) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.
Ferryka P. Z. (2017). Analyzing the thematic-integrative content, the scientific approach, and the authentic assessment in the theme 1 textbook for grade II students of elementary schools. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 172-185.
Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learning using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55-70.
Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. Jurnal Pedagogia, 2(1), 59-70.
Machin. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA JPII, 3(1), 28-35.
Mariyana, R. Nugraha, A. & Rachmawati, Y. (2010). Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta: Prenada Media.
Narbuko C. & Achmadi A. (2009). Metodologi penelitian (memberi bekal teoritis pada mahasiswa tentang metodologi penelitian serta diharapkan dapat melaksanakan penelitian dengan langkah-langkah yang benar). Jakarta: Bumi Aksara.
Priyadi, Y. dan Agustiningsih. (2016). Peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik dan media benda asli pada pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Maron Kidul II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pancaran, 5(4), 125-142.
Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 156-164.
Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran K-13 SMP Negeri 1 Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.
Taileleu, F. (2017). Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(6), 487-492.
Taniredja, T., Faridli, S. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, M., Dewi N. R., & Widiyatmoko A. (2014) Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema konservasi berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 3(2), 140-145.
Suhartati (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada materi relasi dan fungsi di kelas X MAN 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(2),56-65.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9357
Refbacks
- There are currently no refbacks.