Tanggung Jawab Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Munawar, S. A. H. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qurani dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.
Al-Abrasyi, M. A. (2003). Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam. terj. Abdullah Zakiy Al-Kaaf, Bandung: Pustaka Setia.
Al-Baihaqi, A. B. A. (2003) Al Sunan Al Qubra, Juz 10. Beirut: Darul Qutub al-Ilmiah.
Al-Ghazali, A. H. M. (t.t). Ihya Ulum al-Din: Fitrah dan Kepribadian, Beirut: Dar al-Fikr, juz III.
Al-Syaibani, O. M. T. (1979). Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, (terj.) Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.
Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11-21.
Baharuddin. (2007). Paradigma Psikologi Islam: Studi tentang Elemen Psikologi dari Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Ruhama.
Daradjat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, cet. ke-17.
Djamarah, S. B. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak, Jakarta: Rineka Cipta.
Farid, S. A. (2011). At-Tarbiyah Ala Manhaji Ahlissunnah Wal Jamaah. terj. Najib Junaidi: Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunnah wal Jamaah, Surabaya: eLBA.
Langgulung. H. (1988) Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21. Jakarta: Pustaka Al Husna.
Langgulung. H. (1989), Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Al Husna.
Lubis, S. A. (2011). Konseling Islami dan Kesehatan Mental, Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Mubarok, A. (2016). Psikologi Keluarga, Malang: Madani.
Mujib, A. (2000). Fitrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis, Jakarta: Darul Falah.
Najati, M. U. (2005). Psikologi dalam Al-Quran: Terapi Qurani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan, terj. M. Zaka Alfarisi, Bandung: Pustaka Setia.
Nasional, D. P. (2019). Kamus besar bahasa Indonesia.
Nasution, H. (1986). Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta: UI Press.
Nata, A. (2014). Sosiologi Pendidikan Islam Jakarta: Raja GRafido Persada.
Nawawi, H. (1993). Pendidikan dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 5(1), 1-14.
Santrock, J. W. (2015). Psikologi Pendidikan. edisi kedua. Jakarta: Prenada Media Group.
Saputro, I. (2016). Konsep Tauhid Menurut Abdul Karim Amrullah dan Implikasinya terhadap Tujuan Pendidikan Islam. At-Ta'dib, 11(2), 259-284.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah, Vol. VII. Jakarta: Lentera Hati.
Subur, S. (2017). Membentuk Karakter Anak Perspektif Islam: Kajian Dari Aspek Tanggung Jawab Pendidik. Jurnal Tarbiyatuna, 8(2), 146-165.
Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafri, U. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ulwan, A. N. (1993). Tarbiyatu al-Aulad Fi al-Islam. Terj. Saifullah Kamalie & Hery Noer Ali: Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang: Asy-Syifa.
Yatimin, A. (2007). Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Amzah.
Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i2.5557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:
View My StatsEditorial Address:
Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id