GURU PROFESIONAL SEBAGAI KOMUNIKATOR DAN FASILITATOR

Rahimah Rahimah

Abstract


Guru profesional adalah suatu pekerjaan yang bersifat profesional yangmemerlukan beberapa bidang ilmu yang secara sengaja harus ditekuni dan dipelajari kemudian ilmu itu bisa diaplikasikan. Selain itu guru yang profsional harus mempunyai komptensi khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru dengan memiliki kemampuan yang maksimal. Guru sebagai fasilitator akan memberikan pelayanan yang baik dengan tujuan untuk memberikankemudahan terhadap peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, untuk mewujudkan guru sebagai fasilitator, maka guru perlu untuk menyediakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran yang relevan serta menjadikan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan

Keywords


Guru, Komunikator, Fasilitator

Full Text:

PDF

References


Ahmad Taufik Al Afkari Siahaan, S.Pd, M.Kom, Keterampilan Komunikasi Guru Profesional Di Sekolah, IJTIMAIYAH, Vol.2 No.1, (Januari-Juni 2018).

Arfandi Mohamad Aso Samsudin, Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator dan Komunitator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Edupedia, Vol.5 No.2, (Januari 2021).

Arfandi, Internalisasi Pendidikan karakter di Sekolah, Jurnal Lisan Hal, Vol.8, No.2,(Desember 2016).

Arfandi, Perspektif Islam Tentang Kedudukan dan Peranan Guru dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, Vol.11, No.2,(April 2020).

Hotlin Simamora, Analisis Peran Guru Sebagai Komunikator Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII, Areopagus:Jurnal Pendidikan Kristen, Teologi, Pastoral Konseling dan Music gereja, Vol.17 No.2, (September 2019).

Mega Rahmawati, Edi Suryadi, Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.4 No.1 (Januari 2019), Hal.49-54.

Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan, Jakarta:PT Gunung Agung, 1985.

Nur Ainiyah, Identitas Diri Dan Makna Guru Profesional sebagai Komunikator Pendidikan, JPII, Vol.1 No.1, (Oktober 2016).

Usma, Moh.User, Menjadi Guru Profesional, Bandung:PT.Remaja Rosdakarya, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.