Improving The Students Achievement in Listening by Applying Debate Plus Method

DK Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak mahasiswa serta menganalisa proses peningkatan kemampuan menyimak semester I program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP-UMSU dengan metode debate plus. Subjek penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester I A/pagi Tahun Akademik 2019/2020. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan penggunaan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif melalui instrumen berupa observasi, angket dan tes. Hasil peneltian memperlihatkan hasil belajar mahasiswa yang diperoleh pada siklus I dari hasil pre test adalah 38.24% dan post test adalah 67.65%. Dalam pemberian post test pada siklus I ditemukan 11 orang mahasiswa masih mengalami kesulitan menyimak karena kurang fokusnya terhadap teks yang didengar sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II dosen lebih menciptakan suasana kondusif dengan lebih memperkenalkan metode debate plus ke mahasiswa dengan cara memperbanyak kelompok dalam berdebat, memilih topik (motion) yang sedang terjadi pada saat ini (hot issue) dan memperbaiki manajemen waktu sehingga pada post test siklus II mengalami peningkatan hasil belajar mahasiswa menjadi 88.24%. Setelah melihat tingkat penguasaan mahasiswa, ketuntasan belajar, hasil pengamatan (observasi) dan pengolahan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode debate plus dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada kemampuan menyimak.

Kata kunci: kemampuan menyimak, metode debate plus, penelitian tindakan kelas


Full Text:

PDF

References


Akrim, M. (2018, July). Media Learning in Digital Era. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Burn. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Gramedia Widya Sarana.

Kunandar. 2010. Guru Propesional Imlementasi Kurikulum Tingkat Satuan dan Sukses dalam

sertifikasi guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Nurgiyanto. 1995. Pengembangan Metode Debat Plus. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Simon. 2005. Pembelajaran dengan Metode Debat Plus. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan.

Sumantri, M. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tarigon, H.G. 1986. Berbicara Sebagai Suatu KemampuanBerbahasa. Bandung: Angkas

Tou, Asruddin Barori. 2005. Competency-Based and Genre-Based Models in Contact.

Tabularasa Jurnal Pendidikan PPS Unimed Volume 01 No. 01 Juli 2005




DOI: https://doi.org/10.30596/ijems.v1i1.3912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indonesian Journal of Education and Mathematics Science

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: ijems@umsu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.