ANALISIS KETERLIBATAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 028226 BINJAI

Erliyati Lubis, Sri Nurabdian Pratiwi, Emilda Sulasmi

Abstract


Pada penelitian ini, bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai memberikan pertimbangan dalam meningkatkan mutu sekolah, (2) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai memberikan dukungan dalam meningkatkan mutu Pendidikan, (3) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai melakukan pengontrolan dalam meningkatkan mutu Pendidikan, dan (4) Untuk mengetahui bagaimana komite sekolah SD Negeri 028226 Binjai melakukan mediator dalam meningkatkan mutu pendidikan keterlibatan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri 028226 Binjai dibatasi pada peran komite sekolah dalam menjalankan fungsinya sebagai pemberi pertimbangan, sebagai pendukung, sebagai pengontrol, dan sebagai mediator bagi sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang berupaya untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari subjek yang diamati. Subjek dalam penelitian adalah tenaga pendidik di SD Negeri 028226 Binjai yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite, dan guru, sedangkan objek penelitian Komite Sekolah dibagi tiga, yaitu: sebagai badan pendukung, badan pertimbangan, badan pengontrol dan badan penghubungKomite sekolah SDN 028226 binjai telah melaksanakan perannya untuk meningkatkan mutu pendidikan seperti: (1) Memberikan pertimbangan dalam pendataan kondisi ekonomi siswa, (2) Memberikan dukungan kepada sekolah untuk memberantas penyebarluasan hal-hal negatif disekolah, (3) Melakukan pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan program sekolah tentang hasil belajar siswa, (4) Membantu sekolah dalam menciptakan hubungan dan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat.Keterlibatan komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SDN 028226 binjai sangat penting oleh karena itu keterlibatan komite sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengawas dan badan penghubung harus dioptimalkan. Pengoptimalan keterlibatan komite sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan pemilihan pengurus komite sekolah dengan mengutamakan personil-personil yang memiliki kemampuan dan kemauan yang tinggi di bidang pendidikan

Keywords


School committee, education quality improvement, Elementary School

References


Amerta, I. P. E., Sudjarwo and Ambarita, A. (2015) ‘Peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan’, Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, FKIP Unila, 3(1).

Febriana, L. (2019) ‘Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendididikan’, Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), pp. 152–163

H Kara, O. A. M. A. (2016) Pedoman Umum Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah, Kemendikbud RI. Jakarta: Kemednikbud RI.

Hasanah, N. (2016) Optimalisasi Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wedarijaksa Tahun Pelajaran 2014-2015). Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.

Irawan, E., Nurhadi, N. and Yuhastina, Y. (2021) ‘Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta’, Jipsindo, 8(1), pp. 15–28.

Mas’ud (2020) ‘Peran Komite Sekolah Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah’, Jurnam Madinasika Manajemen dan Keguruan, 1(2), pp. 103–111

Mas, S. R. (2017) Pengelolaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Zahir Publishing. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Mendikbud (2016) ‘Dewan pendidikan dan Komite Sekolah’, Mendikbud RI. Indonesia.

Mendiknas (2007) ‘Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah’. Indonesia: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19.

Moleong, J. L. (2005) Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: P3PKUGM.

Muhith, A. (2017) Dasar-Dasar Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Samudra Biru. Yogyakarta: Samudra Biru.

Nugraha, F. A. (2019) Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Pendidikan (Studi Kasus SMP Negeri 1 Sukorejo Ponorogo). IAIN Ponorogo.

Nugrahani, F. (2008) Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books. Available at: http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.

Nurbaeti, Fitria, H. and Fitriani, Y. (2021) ‘Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), pp. 1102–1109. doi: 10.35316/jpii.v1i2.45.

Parwak, D. T. (2021) Partisipasi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus pada MTs Al-Fattah Ambon), IAIN Ambon. IAIN Ambon.

PP No. 17 (2010) ‘Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan’. Indonesia.

PP No. 19 (2005) 'Sandar Nasional Pendidikan'. Indonesia.

Raharjo, S. B. et al. (2019) Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam, kmendikbud RI. Jakarta: Kemendikbud RI.

Ramli, R. (2021) ‘Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah’, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 3(1), pp. 147–163. doi: 10.22373/tadabbur.v3i1.155.

Indra Prasetia: Manajemen Pendidikan dan tenaga Kependidikan..(32-43)

Rosnani, L. (2021a) ‘Peran dan keterlibatan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sma tamansiswa pematangsiantar’, Mukaddimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 5(2), pp. 293–300.

Rosnani, L. (2021b) Peran dan Keterlibatan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Tamansiswa Pematangsiantar. Universitas Muhamamdiyah Sumatera Utara.

Shidiq, U. and Choiri, M. (2019) Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya. Available at: http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.Pdf.

Sugono, D. (2008) Kamus Bahasa Indonesia. Edited by Sugiyono, Y. Maryanti, and M. T. Qodratillah. Jakarta: Pusat Bahasa.

Surjana, L. (2017) ‘Fungsi dan Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan : Studi di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Tasikmalaya’, Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), pp. 119–123.

Suryana (2012) ‘Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif’, pp. 1–243. doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Sutarto (2015) Manajemen Mutu Terpadu (MMT-TQM) Teori dan Penerapan di Lembaga Pendidikan, UNY Press. Yogyakarta: UNY Press. Available at: http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v9i2.16773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.