PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, OPTIMIS AKADEMIK, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH DI PERGURUAN KRISTEN METHODIST INDONESIA KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kepeminpinan transformasional, optimis akademik dan motivasi kerja guru berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepeminpinan transformasional secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Optimis akademik secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Motivasi kerja guru secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Kepeminpinan transformasional, optimis akademik dan motivasi kerja guru secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas sekolah di Perguruan Kristen Methodist Indonesia Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, S. 2018. Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Salah Satu Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Felich.
Andriani, Septi. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Tesis Universitas PGRI Palembang.
Arikanto, Andy. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bush, T dan Coleman, M. 2018. Manajemen Mutu Pendidikan: Kepemimpinan Dalam Pendidikan. Yogyakarta : IrchiSod.
Colquitt, Jason A., Jeffery A. LePine & Michael J. Wesson. 2018. Organizational Behavior:Improving Performance and Commitment in the Workplace. New York: McGraw Hill.
Efendi, N. 2018. Islamic Educational Leadership: Memahami Integrasi Konsep Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia.
Engkoswara dan. Komariah. 2018. Administrasi Pendidikan. Bandung; Alfabeta.
Gozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Jakarta : Penerbit Universitas Diponegoro.
Hoy, W.K dan Miskel, C.G. 2018. Administrasi Pendidikan: Teori, Riset dan Praktik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Karlina, Eulin . Rini Martiwi, Dedi Suharyadi. 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Efektivitas Sekolah (Studi Kasus Pada SDN 1 Karangsari Waled Cirebon). Jurnal Widya Cita. Vol. II No. 1
Komariah, Aan dan Cepi Triana. 2018. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Bandung : Bumi Aksara.
Kristiawan, M, et al. 2018. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Kustigian, B.M. 2018. Mission Driven Educational Leadership--Does It Matter? Examining The Correlations Between District Mission and Student Achievement. NW : Dissertation, University of Massachusetts Amhers
Lezotte, K.M. & Snyder, K.M. 2018. What Effective Schools Do: Re-Envisioning the Correlates, Bloomington : Solution Tree Press
Maita. 2022. Pengaruh Pemberdayaan Dan Iklim Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Se-Kecamatan Nibung Hangus. Tesis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Marianum. 2022. Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Optimisme Akademik Terhadap Efektivitas Kinerja Guru SMK Negeri di kabupaten Batubara. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Miskel, P.J. 2019. Academic Optimism of Schools and Student Achievement. Dissertation, Georgia : Southern University
Mulyasa, Enco. 2019. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Nasa, A. F. 2019. Hubungan Antara Resiliensi Keluarga Dan Optimisme Pada Mahasiswa Yang Berasal Dari Keluarga Miskin. Jakarta : Universitas Indonesia
Nawawi. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: GMU Press
Northouse. 2019. Kepemimpinan : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Indeks.
Nurazizah, Tiara. Tjutju Yuniarsih. 2019. Pengaruh motivasi terhadap efektivitas kerja guru di SMK Pasundan 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 4 No.2.
Prasetia, Indra. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Optimis Akademik, Pemberdayaan dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas SMP Negeri Medan. Skripsi Universitas Medan Area.
Ridwan. 2019. Manajemen Sekolah : Teori Dasar dan Praktik. Bandung : Refika Aditama.
Rivai. dan Murni. 2019. Education Management : Analisis Teori dan Praktik. Jakarta : Rajawali Pers.
Safaria, T. 2019. Optimismtic Quotient. Yogyakarta: Pyramid Publisher.
Saidah, Nor Alina. 2019. Hubungan Optimism Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan Tata Usaha. Malang : Jaya Press
Seligman,M,E,P. 2019. The Optimistic Child. Bandung: PT.MizanPustaka
Seligman, M. 2019. Learned Optimism: How to change your mind and your life. New York. Pocker books.
Sembiring. Ivony Agnes, Salim Aktar, dan Sri Nurabdiah Pratiwi. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Kepuasan Kerja terhadap Efektivitas Kerja Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5 (3).
Siburian, Eva Natalina. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Produktifitas Kerja Dan Budaya Sekolah Terhadap Efektivitas Organisasi Di SMP Negeri SE Kecamatan Sidikalang. Tesis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Suriansyah dan Aslamiah. 2018. .Hubungan Antara Keterampilan Manajerial Sekolah dan Iklim, Organisasi denga Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2019. Administrasi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.
Sujarweni, V. Wiratna. 2018. Metolodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Supardi. 2018. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktik. Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Taylor, B.O. 2019. Case Studies in Effective Schools Research. Kendal : Hunt Publishing Company.
Wahjosumidjo. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahyuningdyah, E. 2019. Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kepemimpinan Transformasional. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Windasari, Erny Roesminingsih, Syunu Trihantoyo. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol.9. No.1
Yusuf, S. 2018. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizqi Press
Zahara, Wulan Dewi. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhamadiyah 2 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Universitas Islam Negeri.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19256
Refbacks
- There are currently no refbacks.