KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH (STUDI DI SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA)

Romaulina Simanjuntak, Elfrianto Elfrianto, Astri Novia Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara, (2) bagaimana kepemimpinan instruksional kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara, (3) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara adalah gaya kepemimpinan Intruksional dengan menerapkan managemen partisipatif. (2) Kepemimpinan Instruksional  yang di terapkan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah adalah fokus pada kualitas proses dan hasil belajar siswa yang berasal dari pemberdayaan guru, melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran (monitoring) yang berdampak pada terjadinya peningkatan pembelajaran yang efektif dan bermakna, serta secara aktif melakukan perubahan/terobosan untuk menjalin  kerjasama dengan dunia industri maupun instansi terkait. (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMKN 2 Rantau Utara adalah : kurangnya kesiapan Guru untuk menerima perubahan kurikulum, rendahnya kemampuan literasi siswa, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, kurangnya dukungan masyarakat dan orang tua, serta peraturan seputar pendidikan yang sering kali di nilai tidak sinkron dengan kebutuhan dan kondisi real di lapangan

Keywords


Principal leadership, education report card, school performance

References


Abi Sujak, Kepemimpinan, Manajer (Eksistensinya dalam Prilaku Organisasi), (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), h. 9 (Bandung: Alfabeta, 2009), h. 121.

A. Akrim, Dr. S.Pd.I, M.PD, 2022 Buku Ajar Strategi Pembelajaran, Medan: UMSU PRESS

---------. (2020). Management Construction of Inclusion Education in Primary School. Talent Development & Excellence, Vol.12, No.

Amat Jaedun, Model Asesmen Kinerja Sekolah Berbasis Peserta Didik, https://staffnew.uny.ac.id/upload/131569339/lainlain/Indikator+Kinerja+Sekolah.pdf

Amini. (2021). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP Negeri 13 Binjai. Jurnal Guru Kita, Volume 6 No. 2. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/28991

Anwar Sobirin PM. 1999. Memahami Arti dan Makna Budaya Organisasi, SINERGI: kajian Bisnis dan Manajemen vol. 2 No. 2, 1999 Hal 189-215.

Arikunto, S. 2022. Prosedur penelitian : Suatu pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka cipta.

Atmodiwiro, Soebagyo, 2013, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Ardadizya Jaya,

Ayunda Pininta, Kasih, 2022, Rapor pendidikan bantu kepala sekolah atasi masalah satuan pendidikan, Kompas.com

https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/19/183316971/rapor-pendidikan-bantu-kepala-sekolah-atasi-masalah-satuan-pendidikan?page=all#page2

Baharudin dan Umiarso, 1994., Analisis Administrasi dan manajemen kepemimpinan Pendidikan, Jakarta, Penerbit Bumi Kasara, 1994.

Bungin, Burhan,2007, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologi Ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Chamisijatin, L., Permana, F. H., Zaenab, S., & ... (2022). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dengan Penerapan Literasi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Inovasi Pembelajaran dalam Merdeka Belajar padaLumbung Inovasi …, 7(2), 216–231. https://eprints.umm.ac.id/97655/

Danim S, 2011, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta, Gava Media, Yogyakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 1994), h. 58

Departemen Pendidikan Nasional, 2005, Instrumen Penilaian Kinerja Departemen Pendidikan Nasional, Dikdasmen, Jakarta.

Depdiknas. 2022. Buku Saku Raport Pendidikan Sekolah. Jakarta: Diknas.

Efendi, Amin. (2016). Peningkatan Kinerja Sekolah Sekolah dasar Melalui Manajemen Kepala Sekolah. Elementery Vol 2 edisi 3, 19-27

Elfrianto, Muhammad Arifin, 2021, Manajemen Pendidikan Masa Kini, Medan: UMSU Press.

Engkoswara dan Aan Komariah, 2010, Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fetia Nurul Hidayat, Rugaiyah, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan, https://www.researchgate.net/publication/368288235Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan

Faisal Rahman Dongoran. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada SatuanPendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Volume 4 No 1. https://scholar.google.co.id/citations?user=iJHvTIsAAAAJ&hl=id

Faisal Rahman Dongoran, (Mei: 2023) Teori dan Model Kepemimpinan Implementasi Teori dan Model Kepemimpinan dalam Membangun Kepemimpinan yang Efektif. Medan, Sumatera Utara. UMSU Press.

Faisal Sanapiah, 1992, Penelitian Kualitatif, Dasar- Dasar dan Aplikasi, Malang YA3, Malang Furchan, Arief, 1992, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional, Surabaya

Gomes Faustino Cardoso, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: Andi Offset, 1997), h. 54

Greenfield, W. (1987). Instructional leadership: Concepts, issues and controversies. Newton MA: Allyn and Bacon.

Hasmayati, Yanti. (2011). Pengaruh Efektifitas kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kompetensi Guru. Manajeral Vo 9 No 18,78

Hamdi, M. Mahfud. (2011). Implementasi program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Mahfud Hamdi Vol 2 No 1, 130-159

Hersey, p. And Blanchard, KH 1997. Management of organizational behavio utilizing human reseources. New jersey: Prenti Hall.Inc Hersey, Paul. 1995. Manajemen Prilaku Organisasi Pendayagunaan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Imam Gunawan, S.Pd, M.Pd. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Edisi 1, Cetakan 1. Jakarta : Bumi Aksara. 2013.

Indira Septianty.R Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (Smkn) 2 Kota Bengkulu http://repository.iainbengkulu.ac.id/35/1/TESIS%20INDIRA%20SEPTIAN TY.%20R.pdf

Handayani, T., & Rasyid, A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sekolah SMA NEGERI WONOSOBO. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264-277. doi: https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Hadi, Muhammad. 2017. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada MIN Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Intelektualita 5:17–26.

Hallinger, P. (2011). Leadership for learning: Lessons from 40 years of empirical research. Journal of Educational Administration, 49(2), 125–142. http://doi.org/10.1108/09578231111116699

Hallinger, P., & Murphy, J. F. (1987). Assessing and developing principal instructional leadership. Educational Leadership, 9, 54–61. Retrieved from http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198709_hallinger.pdf

Hallinger, P. (2011). A review of three decades of doctoral studies using the Principal Instructional Management Rating Scale: A lens on methodological progress in educational leadership. Educational Administration Quarterly, 47(2), 271–306. http://doi.org/10.1177/0013161X10383412

James, A. J. E., & Balasandran, R. (2013). Kepimpinan instruksional: Satu panduan praktikal (2nd ed.). Kuala Lumpur: PTS Akademia.

Karwati, Euis. (2016). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Komariah. A, triatna, C, 2008. Visionari leadership Menuju Sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara

Krug, S. E. (1992). Instructional leadership: A constructivist perspective. Educational Administration Quarterly, 18(3).

Leo, Anglin, 2012, Teching What It‟s All About, New York: Publishers,

Lise Chamisjatip (2022). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter dengan Penerapan Literasi dalam Pembelajaran sebagai Upaya Inovasi Pembelajaran dalam Merdeka Belajar pada Pandemi Covid-19. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Volume 7 Nomor 2. https://journal- center.litpam.com/index.php/linov

Martoyo Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta: BPFE, 1996). h. 29

Menjadi Peneliti Kualitatif, ( Bandung:Pustaka Setia, 2002)

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung Remaja Rosdakarya, Bandung

Mulyasa E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

----------., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: PT. Remaja, 2001), h. 17

----------. (2015). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Murphy, J. F. (1990). Principal instructional leadership. In L. S. Lotto & P. W. Thurston (Eds.), Advanced in educational administration: Changing perspectives on the school (Vol 1). Greenwoch: JAI Press.

Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Prilaku, (Jakarta: PT. Grafindo Persada, 1999), h. 89

Nitisemeto Alex S., Managemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia), (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996), h. 156

Prof. Dr. H. Mudjila Rahardjo, M.Si, 2010, “Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif “ https://uin-malang.ac.id/r/101001/triangulasi-dalam-penelitian- kualitatif.html

Prasetia, I. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tingg, Vol 1. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3953

Pusdatin, Memahami Perbedaan Rapor Pendidikan, Profil Pendidikan dan Platform Rapor Pendidikan,

https://pusatinformasi.raporpendidikan.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6544604556697-Memahami-Perbedaan-Rapor-Pendidikan-Profil-Pendidikan-dan-Platform-Rapor-Pendidikan

Prof. D.R. H.E. Mulyasa. M.Pd, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala sekolah, Bumi Aksara, 11 Mei 2022. https://books.google.co.id/books/about/Manajemen_dan_Kepemimpinan_Kepala_Sekola.html?id=IRpvEAAAQBAJ&redir_esc=y

Robbin P. Steppen, Perilaku Organisasi, Jilid 2, (Jakarta : Prenhallindo, 2000), h. 77-78

Rahmawati, R. F. (2022). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di TK ABA V Gondangmanis Kudus. International COnference On Islamic Education, PP 1-10. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/123

Sagala, S. 2007. Manajemen Strategik Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Septiawan Santana K, Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2007)

Sudarwan Danim, Menjadi Peneliti Kualitatif, ( Bandung:Pustaka Setia, 2002)

Soetjipto dan Raflis Kosasi, 2017, Profesi Keguruan, PT. Rineka Cipta, Jakarta (2011).

Sumawati. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Cakrawala kependidikan Vol 9 No 2, 105- 108

Sugiono, 2007, Memahami Penelitian Kualitatif, Alphabeta, Bandung Sulistyarini,2006, Manajemen Pendidikan Islam, Elkaf, Surabaya Sulistyarini, 2001, Hubungan Antara Manajerial kepala Sekolah dan Iklim organisasi dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan 28 No 1, 2001

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Soebagyo Atmodiwiro, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: Ardadizya Jaya, 2003), h. 112

Sugiyono. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabeta.

Sulistyani, Ambar Teguh dan Rosidah, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia:Konsep, Teori dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik, Edisi 2,Graha Ilmu, Yogyakarta

Soebagyo Atmodiwiro, Manajemen Pendidikan Indonesia, (Jakarta: Ardadizya Jaya, 2003), h. 1129

Sormin, Darlina. (2017). Manajemen kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Muhammadiyah 29 Padang sidempuan. Jurnal Ilmu ilmu sosial dan keislaman Vol 2 No 1, 129-146

Siagian Sondang P., Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996), h. 153

Usman, Husaini. 2013. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wadjosumdjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo. Wasistiono, Sadu, 2002, Manajemen Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah, Bandung, FOKUSMEDIA

Wahjosumidjo, 2014, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1999. h. 4

Wahjosumidjo, Op.Cit, h. 83 10 Soetjipto, Raflis Kosasi, Profesi Keguruan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2007), h. 68

Wahyudi, (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Pontianak: Alfabeta.

Washington, Rynetta et al. 2006. “Individual differences in servant leadership: the roles of values and personality”. Leadership & Organization Development Journal. Vol. 27 No. 8. pp. 700-716

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008), h. 18

Yukl, Gary. 1998, Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia, Prenhallindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i1.19617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.