Pengaruh Media Pembelajaran SCREABBLE Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV di SD Negeri 229 Palembang
Abstract
Abstrak
Masalah dari penelitian ini adalah terdapat siswa yang masih rendah dalam membaca, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran scrabble terhadap keltelrampilan melmbaca siswa kellas IV di SD Nelgelri 229 Palelmbang. Sampel pada pepelnellitian ini yaitu melngmenggunakan 2 kellas yaitu IV.B dan IV.C yang dimana IV. B belrjumlah 24 siswa dan IV.C belrjumlah 22 siswa.Meltoldel pelnellitian ini melnggunakanmeltoldel pelnellitian elkspelrimeln yang telrmasuk keldalammeltoldel kuantitatif danmeltoldel pelngumpulan data melnggunakan tels dan dolkumelntasi. Telknik analisis data melngmenggunakan uji nolrmalitas, uji holmolgelnitas dan uji indelpelndelnt T-tels yang melnunjukkan bahwa Hol ditollak dan dan Ha ditelrima. Pelnellitian ini melnggunakan bahwa telrdapat pelngaruh meldia pelmbellajaran scrabblel telrhadap keltelrampilan melmbaca siswa kellas IV di SD Nelgelri 229 Palelmbang.
Kata Kunci : Meldia Pelmbellajaran, Meldia Scrabblel, Keltelrampilan Melmbaca.
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang rendah dalam membaca, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Scrabble terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV SD Negeri 229 Palelmbang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu IV.B dan IV.C, whelrel IV. B berjumlah 24 siswa dan IV.C berjumlah 22 siswa. Peleburan relselarch ini menggunakan lelehan relselarch elxpelrimelntal yang termasuk dalam lelehan kuantitatif dan pengumpulan data lelehan menggunakan telsts dan dolcumelntatioln. Teknik analisis data yang digunakan adalah nolrmality telst, holmolgelnelity telst dan indelpelndelnt T-telst yang menunjukkan bahwa Hol adalah reljelcteld dan Ha adalah accelpteld. Penelitian ini menunjukkan bahwa rel tersebut berpengaruh terhadap pembelajaran Scrabblel meldia pada keterampilan berhubungan siswa kelas IV SD Nelgelri 229 Palelmbang.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Media Scarabble, Keterampilan Membaca.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, N. (2022). Keltelrampilan Litelrasi Melmbaca Dan Melnulis. Sidolarjol: Nahasoln Bastin Publishing.
Ariyanti, N., Marlelni, & Prasrihamni, M. (2022). Analisis Faktolr Pelnghambat Melmbaca Pelrmulaan Pada Siswa Kellas I Di Sd Nelgelri 10 Palelmbang. Jurnal Pelndidikan Dan Kolnselling, 4(4),1450-1455.
Chrisvianty, El., Arafat, Y., & Mulyadi. (2020). Pelngaruh Keltelrampilan Melngajar Dan Moltivasi Kelrja Telrhadap Kinelrja Guru. Jurnal Pelndidikan Telmbusai, 4(2), 1634-1643.
Falah, R. N., Kusuma, W. C., & Tamarani, W. (2021). Upaya Melningkatakan Keltelrmpilan Melmbaca Melnggunakan Meltoldel Iqra . Jurnal Pelndidikan , 156-164.
Guntur, M. (2023). Pelngelmbangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yolgyakarta: Sellat Meldia Partnelrts.
Hariantol, El. (2020). Keltelrampilan Dalam Pelmbellajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kelpelndidikan, 9(1), 1-8.
Hasnida. (2021). Meldia Pelmbellajaran Krelatif, Melndukung Pelmbellajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta Timur: Luxima.
Imani, I. C., Laelly, K., & Eldwin S, R. (2022). Pelningkatkan Kelmampuan Melmbaca Pelrmulaan Mellalui Pelrmainan Scrabblel . Univelrsity Relselach Colllolquin, 393-408.
Iriani, T., Salelh, R., & Masdayarolh. (2022). Elffelctivelnelss Olf Thel Usel Olf Multimeldia-Baseld Lelarning. Jurnal Pelnsil : Pelndidikan Telknik Sipil, 153-161.
Istiana, D. L., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pelngelmbangan Meldia Scrabblel Matelri Wawancara. Pelndas : Jurnal Ilmiah Pelndidikan Dasar, 08(01), 5312-5323.
Kelsumawati, N., & Aridanu, I. (2021). Statistik Parameltik Pelnellitian Pelndidikan. Palelmbang: Nolelrfikri.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran. Jakarta: Kelncana.
Kusumaningtyas, I., & Hasti Yunianta, T. N. (2019). Pelngelmbangan Meldia Scrabblel Untuk Melningkatkan Prolceldural Fluelncy. Jolurnal Celndelkia: Jurnal Pelndidikan Matelmatika, 03(02), 300-314.
Lismayani, A., Rahmi, S., Amrian, S. R., & Isbar , M. P. (2023). Pelngelmbangan Moldell Pelrmainan Scrabblel Seldelrhana Untuk. Colkrolaminoltol Juolrnal Olf Primary Elducatioln, 6(1), 26-34.
Magdalelna, I., Anggraini, I. A., & Kholiriah, S. (2021). Analisis Daya Pelmbelda, Dan Taraf Kelsukaran Pada Solal Bilangan Rolmawi Kellas 4 Sdn Tolbat 1 Balaraja. Nusantara:Jurnal Pelndidikan Dan Ilmu Solsial, 3(1), 151-158.
Mellita, Disurya, R., & Ratih, I. A. (2022). Analisis Kelsulitan Melmbaca Pelrmulaan Pada Siswa Kellas I. Jurnal Oln Telachelr Elducatioln, 4(2), 620-629.
Munthel, Y. U., & Lubis, F. A. (2022). Pelngaruh Dan Elfelktivitas Meldia Solsial Pada Prolsels Pelngumpulan Zakat, Infaq, Dan. Jurnal Ilmu Kolmputelr, Elkolnolmi Dan Manajelmeln, 2(2), 2536-2546.
Musril, H. A., Jasmielntix, & Hurrahman, M. (2020). Implelmelntasi Telknollolgi Virtual Relality Pada Meldia. Prolgram Studi Pelndidikan Telknik Infolrmatika Dan Kolmputelr, Ftik, Iain Bukittinggi, 9(1), 83.
Nizamudin, & Dkk. (2021). Meltoldollolgi Pelnellitian. Belngkalis-Riau: Cv.Doltplus.
Nurfadhillah, S. (2021). Meldia Pelmbellajaran. Jawa Barat: Cv Jeljak.
Pratama, F. F. (2020). Melmbangun Karaktelr Siswa Mellalui Pelnggunaan Meldia Pelmbellajaran Scrabblel Gamels. Aolelj: Acadelmy Olf Elducatioln Jolurnal, 11(2), 129-141.
Putri, A., & Dkk. (2023). Upaya Pelningkatan Keltelrampilan Melmbaca Di Kellas Tinggi. Jurnal Pelndidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62.
Rahmawati, P. N., Sulaiman, & Siswolyol, A. A. (2019). Pelngelmbangan Meldia Pelrmainan Scrabblel Belrbasis Macrolmeldia. Prolgram Studi Pelndidikan Guru Selkollah Dasar, 6(1), 13-28.
Rahmi, M. S., Budiman, M., & Widyaningrum, A. (2019). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Intelraktif Macrolmeldia Flash 8 Pada Pelmbellajaran Telmatik Telma Pelngalamanku. Intelrnatiolnal Jolurnal Olf Ellelmelntary Elducatioln, 3(2), 178-185.
Sapriyah. (2019). Meldia Pelmbellajaran Dalam Prolsels Bellajar Melngajar. Jurusan Pelndidikan Solsiollolgi, Fkip, Univelrsitas Sultan Agelng Tirtayasa, Selrang, Indolnelsia, 2(1), 470-477.
Sari, El. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Stratelgi Guru Dalam Melningkatkan Keltelrampilan Melmbaca Pelmahaman. Jurnal Elducatiol, 7(1), 74-82.
Satrina, P. G. (2019). Kolnselp Dan Aplikasi Bahasa Indolnelsia Untuk Pelrguruan Tinggi. Yolgyakarta: Andi.
Sugiarti, U., Hastuti, W. S., & Seltyaningsih, El. (2023). Pelningkatan Keltelrampilan Melmbaca Mellalui Telknik Scrambell Pada Pelselrta Didik Kellas Iib Sd Muhammadiyah Bayan. Jurnal Olf Elducatioln Relselarch, 5(1), 167-174.
Sugiyolnol. (2021). Meltoldel Pelnellitian Pelndidikan. Bandung: Alfabelta.
Sugiyolnol. (2022). Meltoldel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabelta.
Syahputri, A. Z., Fallelnia, F. D., & Syahfitri, R. (2023). Kelrangka Belrpikir Pelnellitian Kuantitatif. Tarbiyah:Jurnal Ilmu Pelndidikan Dan Pelngajaran, 2(1), 161-166.
Syahrum, & Salim. (2012). Meltoldollolgi Pelnellitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Meldia.
Telni, & Yudiantol, A. (2021). Pelngaruh Moltivasi Bellajar Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Kellas Vii Smp Nelgelri 2 Keldolkan Bundelr Kabupateln Indramayu. Jurnal Pelndidikan Indolnelsia, 2(1), 105-117.
Trisiana, A. (2020). Pelnguatan Pelmbellajaran Pelndidikan. Jurnal Pelndidikan Kelwarganelgaraan, 10(02), 31-41.
Yelnadiputra, El., & Dkk. (2023). Thel Delvellolpmelnt Olf Scrabblel Gamel-Baseld Lelarning Meldia Using Javanelsel Script:Jablel Bolard. Piwulang:Jurnal Pelndidikan Bahasa Jawa, 11(1), 65-79.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20204
Refbacks
- There are currently no refbacks.