PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK di SMP NEGERI 05 PRABUMULIH
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana model Problem Based Learning dengan dukungan E-LKPD mempengaruhi kemampuan siswa didalam memecahkan masalah diSMP Negeri 05 Prabumulih. Penelitian ini memakai metodologi eksperimen dan desain penelitian kuantitatif. 69 siswa dipakai didalam penelitian ini; 36 orang didalam kelas eksperimen memakai model Problem Based Learning dengan dukungan E-LKPD, dan 33 orang pada model konvensional. Quasi Experimental Design merupakan jenis desain eksperimen yang dipakai didalam penelitian ini. Uji t yang disebut juga dengan Independent Sample T-Test merupakan metode analisis data yang dipakai didalam penelitian ini untuk menilai hipotesis. Nilai rerata kelas eksperimen yang ditentukan analisis data ialah senilai 73,48, sedangkan nilai rerata kelas kontrol senilai 61,82. Berdasarkan temuan uji hipotesis, H0 ditolak serta ha diterima, dengan nilai signifikansi senilai 0,020 memenuhi kriteria nilai sig<0,05. Kesimpulan: Kemampuan memecahkan masalah siswa SMP Negeri 05 Prabumulih dipengaruhi pendekatan pembelajaran Problem Based Learning yang didukung dengan E-LKPD
Kata Kunci : Pembelajaran, Problem Based Learning, Memecahkan Masalah
Abstract
The purpose of this development research is to determine how the Problem Based Learning learning paradigm, with support from E-LKPD, affects students' capacity for problem-solving at SMP Negeri 05 Prabumulih. This study uses experimental methodology and quantitative research design. The 69 students involved in this study were split into two groups: 36 students in the experimental class utilized the Problem Based Learning learning model with assistance from E-LKPD, while 33 students in the control group used traditional learning techniques. Quasi Experimental Design is the type of experimental design employed in this study. The t test, also known as the Independent Sample T-Test, is the data analysis method used in this study to assess the hypothesis. The experimental class's average value was 73.48, while the control class's value was 61.82, according to the data analysis results. With a significance value of 0.020 and a criteria of a sig value <0.05, the hypothesis test findings indicate that Ha was accepted and H0 was rejected. Thus, it can be said that students at SMP Negeri 05 Prabumulih's problem-solving skills are impacted by the Problem Based Learning learning approach, which is supported by E-LKPD.
Keywords: Learning, Problem Based Learning, Problem Solving
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwarizatul. (2022). Pengaruh model problem based learning berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan materi aljabar. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 10 (1) : 85-91.
Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483.
Hasan, M. Iqbal. (2018). Pokok-Pokok Materi Statistik II (Statistik Inferensif). Jakarta: Grafindo.
Heris, Hendriana & Utari, Soemarno. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Ibrahim & Nur. (2018). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah, Program Pasca Sarjana UNESA University Press.
Mapan, D., & Ridwan, E. (2018). Etika dan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Melly, Andriani & Minim, Hariyani. (2019). Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Benteng Media.
Murtalib, M., Gunawan, G., & Syarifuddin, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (E-LKM) Interaktif Berbantuan Live Worksheet pada Perkuliahan Daring. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 130-145.
Mulyono. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Nufus, Virda Fithrotun, and Norida Canda Sakti. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI.” Jurnal PTK dan Pendidikan 7(1): 30.
Nurdin, H & Adriantoni. (2016). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menerik. Jakarta: Bumi Aksara.
Putriyana, A. W., Kholillah, K., & Auliandari, L. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi. Biodik, 6(2), 1–12.
Rahmah, N. R. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kontekstual Dengan Menggunakan Liveworksheets Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp Datok Sulaiman Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).
Randi. (2020). Pengaruh model problem based learning berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 12 (4) : 1-9.
Siswanah. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang. Jurnal Phenomenon. Vol. 6 (1) : 81-93.
Suherman, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.
Syafitri, RA (2020, November). Pentingnya Lembar Kerja Siswa Pembelajaran Kontekstual (CTL) Elektronik (E-LKPD) dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Masa Pandemi COVID-19. Dalam Konferensi Internasional ke-3 tentang Bahasa, Sastra, dan Pendidikan (ICLLE 2020) (hlm. 284-287). Pers Atlantis.
Trijayanti, R., Misdalina, M., & Jaya, MPS (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) , 4 (1), 173–187.
Usep, S. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. Vol. 5 (1). 61-73.
Wulandari, S., Misdalina, M., & Tanzimah, T. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Memahami Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 33 Palembang. Journal on Education, 6(1), 6155-6163.
Zubaidah, A., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswajaya Pressindo
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20496
Refbacks
- There are currently no refbacks.