PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 72 PALEMBANG

Miranti Miranti, Misdalina Misdalina, Tanzimah Tanzimah

Abstract


Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih materi pelajaran sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 72 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa guru kurang memanfaatkan media pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka belajar di SDN 72 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara telah dilakukan kepada guru kelas V dan beberapa siswa kelas V dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur. Observasi yang dilakukan peneliti untuk melihat pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru pada saat mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterhambatan mengapa guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, yaitu pada motivasi guru itu sendiri berpikir bahwa membuat media yang menarik itu sulit, kemudian pada sarana dan prasarana di sekolah alat peraga kurang memadai dan juga pada keterbatasan waktu mengajar. Peneliti ini memberikan masukan di masa mendatang untuk melanjutkan penelitian lanjutan pada kurikulum independen mengenai media pembelajaran dengan inovasi dan penemuan baru.

Keywords


Implementasi, Merdeka Belajar, Media Pembelajaran

References


Fadilla, W. N., Misdalina, M., & Nurhasana, P. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Tangan pada Materi Dongeng Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK),4(4), 1813-1818.

Fadli, M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum,21(1), 33-54.

Fathurrahman, I. M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan,9(1)., 99-107.

Laila, A. K. N., Solikha, I., Wardana, D. K., Parastika, P. N., & Dayu, D. P. K. (2022). Penggunaan Papan Pintar dalam Meningkatkan Minat Siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar. In Proseding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar,2(1), 82-87.

Luthfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponogoro Banyuputih. vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan,2(4, 310-319.

Maghfiro, A. N., Daksana, M. F. E., & Salma, S. N. (2024). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application,4(1), 55-64.

Muna, I. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan,9(1), 99-107.

Nisa, S., Lena, M. S., & Safitri, S. (2023). Implementasi Guru Melaksanakan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di SD. Science and Education Journal (SICEDU),2(2), 266-272.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajjaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar. Swasta Plus AR-Rahmaniyah. EDISI,3(2), 289-298.

Nurmitasari, N., Kayyis, R., Astuti, R., Khasanah, B. A., Najah, T. S., & Safitri, D. N. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Negeri 02 Bangunsari. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,6(2), 96-104.

Putri,B,B,A.,Muslim,A.,& Bintaro.T.Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang,5(2), 68-74.

Ramadhani, W., Laurens, T., Molle, J. S., & Sapulette, F. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berorientasi Merdeka Belajar. PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(1), 1-8.

Rijali, A. (2019). Analisis data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah,17(33) , 81-95.

Ruswan, A. Rosmana, P. S., Najayanti, N.,Husna, M., Nurhikmah, I., Irsalina, S., & Faqih, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai,8(1), 97-105.

Sari, D. P., Misdalina, M., & Tanzimah, T. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Terhadap Motivasi Belajar Matematika siswa kelas lll SD Negeri 224 Palembang. Journal on Education,6(2),, 11528-11535.

Tanzimah, T. (2020). Keterkaitan Model Pembelajaran Think pair share (TPS) dengan pendekatan contextual teaching and learniang (CTL) dalam pembelajaran matematika. Jurnal dosen Universitas PGRI Palembang., 762-772.

Yudha, R. P., Latifah, I., Isrofah, I., Simarmata, J., & Septiani, Y (2023). Pentingnya Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Lembaga Raudathul Athfal di Jaituluhur Purwakarta. Jurnal Peradaban Masyarakat, 3(2), , 55-0.

Yulianasari, D., Misdalina, M., & Tanzimah, T (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Media Tangga Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa SD. Journal on Education,6(1),, 4043-4052.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.