PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL MATERI BANGUN DATAR SD

Arhaman Arhaman Syahputera, Misdalina Misdalina, BZ Septeiyawan

Abstract


AbstrakMedia pembelajaran berbasis wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa permainan edukasi berbasis wordwall untuk materi bangun data kelas III SDN 32 Palembang yang valid, praktis, dan efektif dimana dapat digunakan untuk berbagai keperluan. membantu pengajar dalam menyampaikan materi. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan R&D (Research and Development dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu, 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang validator yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi, kemudian siswa kelas III SD yang berjumlah 22 orang dimana pada tahap pengujian one to one sebanyak 3 siswa, dan tahap pengujian small group sebanyak 8 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi oleh validator dan lembar angket praktis untuk siswa. Berdasarkan hasil penelitian angket untuk validator diperoleh nilai keseluruhan sebesar 88,22% dengan kategori sangat valid. Hasil pengukuran respon siswa dari tahap pengujian satu lawan satu dan kelompok kecil memperoleh nilai keseluruhan dengan rata-rata – nilai rata-rata 96,17% dengan kategori sangat praktis. Serta pengujian yang dilakukan secara lapangan yaitu pengujian postest yang dimana dilakukan uji postest didapat nilai dengan persentase rata – rata dari nilai keseluruhan yaitu 95% dengan kategori tinggi (sangat efektif). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa media pembelajaran berupa media permainan edukasi interaktif berbasis wordwall materi bangun datar kelas III Sekolah Dasar yang dikembangkan sudah tergolong media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. 

Keywords


Media Pembelajaran, Wordwall, Bangun Datar

References


Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Amalia, N., & Unaenah, E., (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Of Elementary Education.

Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-216..

Dewanti, A., & Sholiha, (2022). Pengembangan Vidio Animasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.

Dilson, D., Yunita, R., & Arimadona, S. (2022). Media pembelajaran matematika interaktif kelas 3 sekolah dasar berbasis mobile. Simtika, 5(1), 6-13.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Hermiyanto, D. L., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pomewall (Media Pop Up dan Game Wordwall) untuk Pembelajaran Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4644-4648.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8- 12.

Marthani, G. Y., & Ratu, N. (2022). Media pembelajaran matematika digital “BABADA” pada materi kesebangunan bangun datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 305-316.

Misdalina, M., Rohana, R., Syahbana, A., Septiati, E., & Isroqmi, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMK Negeri 1 Rantau Alai Melalui Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Google. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1006-1016.

Mulyatiningsih, E., (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Novyanti, N., Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Instruksional, 4(1).

Nurdiana, A., & Hasanudin, C. (2023, November). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 427-434)..

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3, No. 1, 173.

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093-4100.

Puspitadewi, N. L. G. C., & Japa, I. G. N. (2022). E-Modul Interaktif Pada Materi Bangun Datar Kelas III di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(2).

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46-55.

Rezeki, S. Dahlia, A. & Amelia, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall Untuk Perserta Didik Fase E. : AKISOMA, Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Saleh, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik dan Non-Elektronik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(1), 73-80.

Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195- 199..

Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Waldi, et. al., (2022). Budaya Menjalani Rutinitas Sturuktural Dalam Dunia Pendidikan Berdasarkan Sudut Pandang Sosiologis dan Manajemen Pendidikan. : Jurnal Penddikan mandala




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.