Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Stad Terhadap Hasil Belajar Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, STAD dan Konvensional pada hasil belajar puisi oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Medan. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 19 Medan, setiap kelas ada 34-35 siswa yang di pilih untuk eksperimen pembanding adalah tiga kelas. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Stad dengan konvensional terhadap hasil belajar puisi. Hal ini dibuktikan dari harga Fhitung sebesar 3,230. Diperoleh bahwa sig < ? yakni 0,044 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha. Dapat diketahui bahwa harga sig yang diperoleh maing-masing pasangan yaitu 0,884 (Jigsaw-Stad), 0,436 (Jigsaw-konvensional) dan 0,039 (Stad-konvensional). Untuk mengetahui kriteria apa yang dimiliki setiap pasangan maka dibandingkanlah sig dengan ?. Untuk Jigsaw-Stad (0.884 > 0,05), Jigsaw-koonvensional (0,436 > 0,05) dan Stad-konvensional (0,039 < 0,05). Dengan demikian dapat diketahui bahwa pasangan Jigsaw-Stad menerima H0, pasangan Jigsaw-konvensional menerima H0 dan hanya pasangan Stad-konvensional saja yang menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan penerapan model Stad berpengaruh pada hasil belajar puisi di kelas VIII SMP Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
Sumardjo, Jakob & amp; Saini K.M.1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Priansa, DJ. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: CV
Pustaka Setia.
Nasution, D. K. (2017). Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique.
Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).
Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."
Aminuddin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif
Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Muhammad, A, G. 2015. Statistika Pendidikan, Bidang Pendidikan, Psikologi Dan
Sosial. Yogyakarta. Parama Publishing.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/viewFile/1975/7919
https://eprints.uny.ac.id/10164/1/JURNAL%20PENELITIAN.pdf
http://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/download/8924/7940
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24410/1/ANGGA%20PRANATA-FITK.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5245/1/ERNAWATI%20JABBAR.pdf
http://ejournal.upi.edu//index.php/JER/article/download/9619/5928
https://www.neliti.com/id/publications/76839/pengaruh-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-terhadap-kemampuan-membaca-teks-bah
http://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8924
http://digilib.unila.ac.id/26829/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32445/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Indonesia, U. P., & UNPRI, M. (2019, March). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. In Seminar Nasional UNPRI (Vol. 1, No. 1).
Pardede, O. B. (2013). Pengaruh model pembelajaran dan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 30 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).
Sianturi, G. G. N., Akbar, S., & Pardede, O. B. (2019). Meningkat Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divisions) Oleh Siswa Kelas VIII-A SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tapanuli Journals, 1(2), 357-361.
Sitompul, E. S., Syahfitri, D., & Pardede, O. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Eksemplum Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair And Share Pada Siswa Kelas Viii-3 Smp Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 2018/2019. Tapanuli Journals, 1(2), 351-356.
DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3385
Refbacks
- There are currently no refbacks.