Konsep Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Sistem Pendidikan Muhammadiyah (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 1 Medan)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui konsep kepemimpinan dan pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, serta sistem pendidikan di SMP 1 Muhammadiyah Medan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan observasi. Agar data tersebut dapat dipercaya (valid), maka dilakukan pengujian keabsahan data. Langkah terakhir adalah melakukan analisis data, dengan tiga cara: (1) mereduksi data, dengan membuang data yang tidak diperlukan (2) menyajikan data yang sesuai dengan dan menghubungkan antara data yang satu dengan lainnya, sehingga memberikan informasi yang utuh pada permasalahan yang dibicarakan (3) menginterpretasi data tersebut menganalisisnya, dan menyimpulkannya. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh informasi bahwa, konsep kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan memajukan sekolah secara internal dan eksternal, menjalin komunikasi yang baik dengan guru atau pegawai, menanggapi kesulitan yang dihadapi oleh guru dengan melimpahkan kepada ahlinya, menasehati guru atau pegawai yang melanggar peraturan, memberikan penghargaan kepada guru atau pegawai yang berprestasi, mengadakan dan melibatkan guru dan pegawai ketika rapat, menjadi penentu keputusan, menyampaikan visi, misi dan tujuan sekolah, meningkatkan kemampuan manajerialnya melalui informasi dan pelatihan, memberdayakan penggunaan fasilitas sekolah, menanamkan akhlak al-karimah di sekolah, memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja guru, merekrut dan menempatkan guru atau pegawai berdasarkan profesionalitas dan akhlaknya, mengevaluasi kinerja pegawai, khususnya guru, serta yang terakhir ikut berkontribusi terhadap pencapaian prestasi siswa. Adapun pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dapat dilihat dari nilai PKG sebagian guru yaitu, sudah berada pada level amat baik, begitu juga dengan nilai rata-rata keseluruhan guru, sedangkan yang terendah hanya dua orang saja yang berpredikat baik. Kepemimpinan kepala sekolah dalam sistem pendidikan berada di bawah pengawasan dan bertanggung jawab kepada suatu lembaga yang disebut Dikdasmen.
Key Word: Konsep Kepemimpinan, Pelaksanaan Supervisi Akademik, Sistem Pendidikan Muhammadiyah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A. Ametembun, N. Kepemimpinan dalam Perubahan Pendidikan ; Suatu Pendekatan Sistem. Bandung : Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP, 1981, cetakan ke-2
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta : Rineka Cipta, cetakan ke-1, 2004
Bahri, Syaiful. Optimalisasi Kinerja Kepala Sekolah. Jakarta : Gibon Books, cetakan ke-1, 2010
Grace, Gerald. School Leadership: Beyond Education Management An Essay in Policy Scholarship. London: The Falmer Press, 1995
Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : Raja Grafindo Persada, Edisi ke-1, cetakan ke-1, 1996
Hersey, Paul et.al. Management of Organizational Behavior ; Leading Human Resources. India : Prentice Hall of India Private Limited, Edisi ke-8, 2002
James M. Aseltine. et.al, Supervision for Learning ; a Performance Based Approach to Teacher Development and School Improvement. Virginia : Association for Supervision and Development, 2006
Lubis, Arbiyah. Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh ; Suatu Studi Perbandingan. Jakarta : Bulan Bintang, cetakan ke-1, 1993
Mukhtar, et.al, Sekolah Berprestasi. Jakarta : Nimas Multimah, cetakan ke-3, 2005
Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, Edisi III, cetakan ke-4, 2007
Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya, cetakan ke-15, 2005
R. Terry, George. Principles of Management. Illinois : Richard D.Irwin Inc, Edisi VII, 1977
Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. Education Management ; Analisis Teori dan Praktik. Jakarta : Rajawali Pers, Edisi I, cetakan ke-2, 2010
Siddik, Djafar. Pendidikan Muhammadiyah ; Perspektif Ilmu Pendidikan. Bandung : Citapustaka Media, cetakan ke-1, 2007
Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan dan Konseling ; Pendekatan Praktis untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara serta Model Penyajian Data. Jakarta : Rajawali Pers, Edisi I, cetakan ke-3, 2013
Weihrich, Heinz dan Harold Koontz, Management; a Global Perspective. Singapore : The McGraw-Hill Companies, Edisi XI, 2005
Wiles, Kimball. Supervision for Better School.Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice-Hall Inc, Edisi III, 1967
Winaryati, Eny. Evaluasi Supervisi Pembelajaran ; Dilengkapi Instrumen Pembelajaran.Yogyakarta : Graha Ilmu, cetakan ke-1, 2014
Yukl, Gary. Leadership in Organizations.New York : Pearson Prentice Hall, Edisi VII, 2010
DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1078
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:
View My StatsEditorial Address:
Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id