Optimalisasi Metode Muraja'ah Pada Program Tahfiz Qur'an di MTs Al-Washliyah 30 Pematang Guntung Kabupaten Serdang Bedagai
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aini, Q. (2017). Penerapan Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Murojaah Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Di Mtsn Ngantru Tulungagung. IAIN Tulungagung.
Al-Hafidz, A. A. (2009). Anda Pun Bisa Menjadi Hafidz Al- Quran. Jakarta: Markas Al-Quran.
Anjumma, A.-A. (2016). Testimoni Para Penghafal Al-Quran. Yogyakarta: Diva Press.
Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Journal of Nursing Care, 3(1), 4153. https://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/26928
Arif, M., & Nggolitu, I. (2019). Hafidz Quran and Its Influence toward High School Students Learning Achievement in Indonesia. Ijtim?iyya: Journal of Muslim Society Research, 4(1).
Budianti, R., Mardianto, M., & Zulheddi, Z. (2020). Implementation of Tikrar Methods in Memorizing Al-Quran in Tahfidzul Quran Foundation Al-Fawwaz Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 974980. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1025
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur an Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 1531. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227
Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Quran Dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di MaHad Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 3958.
Harfiani, R., Setiawan, H. R., Mavianti, M., & Zailani, Z. (2021). Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(001), 4972. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1665
Irza, Y. (2021). The challenges of online learning during pandemic: students voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 813. https://doi.org/10.31294/w.v12i1http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/8
Junaidi. (2018). Metode pembelajaran baca tulis Al-Quran. Yogyakarta : Bildung.
Khon, A. M. (2011). Pratikum Qiroat. Jakarta: Imprime Bumi Aksara.
Maemunah, Tafsir, A., & Nanang Hanafiah. (2021). Metode Murajaah Hafalan Al-Quran Di Madrasah Ibtidaiyah At Tamimi. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(2), 1628. https://doi.org/https://doi.org/10.54213/jieco.v1i2.93
Maimun, A., & Yasin, M. (2019). The existence of memorising al-quran in islamic university: Motivation, methods, and achievements. Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 7(1), 116141.
Nurbaiti, R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Penerapan Metode Murajaah Dalam Menghafal Al-Quran Siswa. Al Itibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 5559.
Nurlaili, Ritonga, M., & Mursal. (2020). Murojaah sebagai metode menghafal Al Quran studi pada rumah tahfiz yayasan Ar-Rahmah Nanggalo Padang. Menara Ilmu, XIV(02), 15. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1995
Nurnaningsih, M., Rifai, A. A., & Supriyanto. (2021). Kontribusi Metode Murojaah Tahfidzul Quran dengan Model Simaan Estafet pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Al-Itibar : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 6065. https://journal.unha.ac.id/index.php/JPIA/article/view/1092
Nurzannah, N., & Estiawani, P. (2021). Implementasi Metode Tikrar Pada Program Tahfidzul Quran. AR-RASYID: Jurnal Pendidikan , 1(1), 4553. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ARRASYID/article/view/8378
Romziana, L., & Dkk. (2021). Mudah Menghafal Al-Quran Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi Bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 161167. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/14095
Romziana, L., Wilandri, W., & Aisih, L. A. (2021). Radisi Murajaah Dalam Menjaga Hafalan Al-Quran Bagi Santri Ppiq Di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(2), 203224.
Tanjua, A. L. (2020). Metode Murojaah Model Simaan Tahfidzul Quran Menggunakan Estafet Ayat Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga Tahun 2020. In Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Umar. (2017). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Quran di SMP Luqman Al-Hakim. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 121.
Wahab, A. (2016). Kaidah-Kaidah Hukum Islam. Bandung: Risalah.
Wulandari, R., & Netrawati, N. (2020). Analisis Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(2), 4146. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/653
Zawawie, M. (2011). P-M3 Al-Quran Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Quran. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
DOI: https://doi.org/10.30596/arrasyid.v2i2.10618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.