Peran Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Daarul Istiqlal Deli Serdang Tahun Ajaran 2016-2017
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di SDIT Daarul Istiqlal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang sebelum masuk sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini dan melihat perbedaan hasil belajar agama islam antara siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Pengumpulan data melalui nilai ujian. Pengujian yang dilakukan dengan menggunakan Uji t . Jika dilihat hasil belajar siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran agama islam terbukti bahwa ada perbedaan hasil belajar agama islam antara siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar tidak mengikuti pendidikan anak usia dini, siswa yang sebelum memasuki sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Taman Kanak-Kanak dengan siswa yang sebelum masuk sekolah dasar mengikuti pendidikan anak usia dini Raudhatul Athfal. Hal ini terlihat dari perbedaan hasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran praktek islam seperti praktek sholat, tahsin quran dan tahfiz quran. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan Jika Sig < ? = 0.05 : H1 diterimaa atau Ho diterima. Hasil perhitungan Praktek sholat 0,025 < 0.05. Hasil perhitungan Tahfis 0.001 < 0.05. Hasil perhitungan Tahsin 0.009 < 0.05.
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Hasil Belajar, SDIT
Korespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama.
Arikunto, S. (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara
Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press.
Purwanto, M. N. (2005). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Sekretariat Negara
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No 20 Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta : Sekretariat Negara
Republik Indonesia. 1989. Undang-Undang No 2Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara
Republik Indonesia. 2010. Peraturan Pemerintah No 17. Jakarta: Sekretariat Negara
Rosnita. (2007). Evaluasi Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2007, Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Keduabelas. Bandung : Alfabeta
Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Usman, Husaini, 2006. Pengantar Statistika. Jakarta : Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1087
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Intiqad Jurnal Agama dan Pendidikan Islam is abstracting & indexing in the following databases:
View My StatsEditorial Address:
Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238 Telp. (061) 6622400 ext. 27 dan 28 Fax. (061) 6625474. e-mail: intiqad@umsu.ac.id