PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI KELAS X MIA-1 SMAN 10 MEDAN T.A 2018/2019

Fitriyenny Hutabarat

Abstract


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS

PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN

KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI KELAS

X MIA-1 SMAN 10 MEDAN T.A 2018/2019

 

FITRIYENNY HUTABARAT

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan fungsi kompisisi dan invers di kelas X MIA-1 SMAN 10 Medan Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-1 SMAN 10 Medan yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dalam penelitian ini dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP, LKPD dan Instrumen Penelitian. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh informasi bahwa hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project pada siklus I diperoleh 27 siswa (77,14%) dari 35 siswa telah mencapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematik siswa, dan 8 siswa lainnya (22,86%) belum tuntas dengan nilai rata–rata kelas 2,94. Setelah siklus II dilakukan maka tercapai ketuntasan kemampuan komunikasi matematik siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I, peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai 8 orang siswa atau 8,57%. Dari hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa siklus II diperoleh nilai rata-rata menjadi 3,09. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah mencapai ketuntasan, karena terdapat 80% siswa yang memiliki tingkat ketuntansan klasikal. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria kemampuan komunikasi matematik siswa ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Missouri Mathematics Project  dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi fungsi kompisisi dan invers di kelas X MIA-1 SMAN 10 Medan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilaksanakan.

 

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematik, model MMP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.